Menyiapkan Slide

Tri Darma Perguruan Tinggi; pengabdian & penerapan softskill mahasiswa Pebli hardi / 22-Feb-2017 09:02:41

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (HIMDIKIM) beberapa saat yang lalu telah melaksanakan program kerja yang kedua yaitu Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Pendidikan Kimia (PEMASYAMAPENKA) di Desa Nangataman Kecamatan Nangataman Kabupaten Sekadau, dengan tema “Meningkatkan Kemampuan dalam Bidang Ilmu Kimia Melalui Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Pendidikan Kimia” yang pada tahun ini diketuai oleh Budi Firmansyah.

Kegiatan PEMASYAMAPENKA merupakan kegiatan tahunan dari HIMDIKIM yang bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu kimia yang dipelajari oleh mahasiswa selama proses perkuliahan. Menurut Ketua HIMDIKIM Periode 2016/2017 Abdullah Yamani Noor, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengaplikasi ilmu yang dipelajari selama proses perkuliahan, untuk melatih mahasiswa dalam berinteraksi dan berkomunikasi di masyarakat, meningkatkan softskill alumni agar dapat menjawab permasalahan yang ada di masyarakat.

Kegiatan PEMASYAMAPENKA dilaksanakan selama 5 hari dengan jumlah mahasiswa yang mengikuti  sejumlah 28 mahasiswa ditambah dengan 3 orang alumni dari FKIP Kimia Angkatan 2012.  Adapun kegiatan berupa penyuluhan mengenai pemafaatan bahan alam sebagai kosmetika alami yang diikuti oleh masyarakat Desa Nangataman tertutama ramaja wanita dan ibu-ibu, Sosialisasi ke SMA/SMK  yang ada di Kecamatan Nangataman terkait Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Selain itu,  bakti sosial kemasjid Al-A’raf yang merupakan kerjasama HIMDIKIM dengan Lazismu yang merupakan lembaga amil zakat PP. Muhammadiyah. Bakti sosial tersebut dilakukan kegiatan membersikan area masjid, pemberian sumbangan berupa Al-Qur’an serta pemasangan plang di depan masjid Al-A’raf. Selanjutnya kegiatan kerja bakti serta pembuatan safety tank di Desa Nanga Kiungkang yang merupakan salah satu program dari Kepala Desa Nanga Kiungkang yaitu Open Defecation Free atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan. Kegiatan tersebut diikuti oleh Masyarakat Desa Nanga Kiungkang serta seluruh instansi pemerintahan yang ada di Kecamatan Nangataman. Pada hari keempat dilaksanakan kegiatan OutBond di Batu Nuak yang merupakan salah satu objek wisata yang ada di Desa Nanga Taman, Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa FKIP Pendidikan Kimia.

Dari kegiatan yang dilaksanakan diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa dalam menerapkan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang mahasiswa.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran