Menyiapkan Slide

UM Pontianak menghadiri Indonesian Islamic University Conference Pebli hardi / 26-Jan-2017 16:01:15

        Visi menjadi universitas yang unggul dalam mengembangkan ilmu, pengetahuan dan teknologi, seni dan sumber daya manusia untuk pemberdayaan masyarakat berdasarkan nilai-nilai ke Islaman rektor UM pontianak memperluas jaringannya. Salah satunya menghadiri  acara Indonesian Islamic University Conference (IIUC) di Jogyakarta. Acara yang dihadiri beberapa perguruan tinggi Islam baik negeri mauapun swasta. Pada saat bersamaan beberapa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dan Bank Syariah Mandiri (BSM) menjalin kerjasama pendidikan dalam mengembangkan perekonomian syariah. Nota kesepahaman (MoU) kerjasama ini ditandatangani oleh para pimpinan PTKI dengan Direktur Utama BSM pada  Kerja sama tersebut meliputi sejumlah layanan antara lain produk dan layanan pembayaran biaya pendidikan mahasiswa, pembiayaan ritel untuk pegawai di lingkungan universitas, dan layanan/cash management. Perguruan tinggi yang digandeng BSM antara lain UIN Sunan Gunung Djati, UIN Sunan Kalijaga, UIN Salatiga, IAIN Raden Intan, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Universitas Islam Indonesia, dan UIN Sumatera Utara.

        Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang menyambut baik kerjasama tersebut. Menag menilai, kerjasama kedua belah pihak memiliki nilai lebih. Melalui kerjasama ini, dana pendidikan perguruan tinggi dapat dikelola dengan baik oleh BSM. Dari situ, perguruan tinggi akan mendapatkan manfaat dari penempatan dananya di BSM. Tidak sekadar manfaat, kerjasama ini juga menjadi bagian dari partisipasi Kementerian Agama dalam mengembangkan perbankan syariah dan kajian ekonomi syariah. Menurutnya, bidang keilmuan ekonomi syariah perlu dikembangkan di PTKI agar kebermanfaatanya jauh lebih luas sehingga dapat mengubah persepsi yang kurang tepat tentang ekonomi syariah. "Perguruan Tinggi Keagamaan Islam atau PTKI memerlukan kurikulum ekonomi syariah sebagai platform agar alumninya berkualitas dan diakui oleh pasar kerja," terang Menag.

        Sementara Dirut BSM Agus Sudiarto mengatakan, kerjasama ini akan membantu PTKI untuk mencapai level akademik dan penguatan finansial. Dia berharap, kerjasama ini juga dapat membantu pembangunan ekonomi umat di Indonesia. "Semoga perekonomian syariah juga dapat mengangkat saudara-saudara kita yang berada di garis kemiskinan," terang Agus.

        IIUC diprakasi UIN Sunan Kalijaga Jogyakarta dan menjadi gelaran konferensi yang pertama. Acara yang dihadiri pimpinan PTKI, Negeri dan Swasta, ini akan berlangsung dari sampai 27 Januari 2017. Tampak hadir juga dalam pembukaan IIUC, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yudian Wahyudhi, selaku tuan rumah dan Presiden of Islamic Develoment Bank Bandar M.H Hajjar  dan Tentunya Rektor UM Pontianak . Dari berbagai sumber

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran