Menyiapkan Slide

Simbiosis Mutualisme antara Pemda dan Perguruan Tinggi Pebli hardi / 26-Jan-2017 10:01:05

Perguruan tinggi sebagai sumber ilmu pengetahuan yang memiliki sumberdaya manusia yang handal harus mampu memberikan alternatif upaya pemberdayaan dan solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah daerah.Hal ini sesuai dengan mandat utama perguruan tinggi di Indonesia yaitu memberi nilai tambah dan mengabdi untuk masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

PenImage titlegembangan suatu daerah tidak lepas dari pendidikan perguruan tinggi. Karena itu, pemerintah daerah dengan perguruan tinggi sesungguhnya mempunyai hubungan dan korelasi yang sifatnya saling membutuhkan.  Hal ini, dengan alasan pemerintah daerah “membutuhkan” perguruan tinggi pertama, perguruan tinggi dapat membantu pemerintah daerah dalam mencari solusi-solusi dalam pengembangan di bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.

Kedua, perguruan tinggi dapat membantu pemerintah daerah dalam mengatasi kesenjangan yang ada di daerah. Persoalan yang esensi yang ada di daerah pada saat ini adalah permasalahan kesenjangan yang disebabkan adanya katakteristik-karakteristik yang berbeda yang ada pada masyarakat di lingkungannya. Selain itu peran dunia pendidikan tinggi sangat dimungkinkan dan sesuai tugas pokoknya dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang kemasyarakatan yaitu dharma yang ketiga “Pengabdian Kepada Masyarakat”.

Pemerintah daerah membutuhkan perguruan tinggi untuk mengidentifikasi, penelitian, pengabdian masyarakat, implementasi suatu kebijakan dan menelaah potensi-potensi sumber daya yang ada di daerah. Selain memerlukan pengembangan di daerah, pemerintah daerah juga memerlukan kerja sama dalam proses edukasi.  Seperti yang dilakukan  UM pontianak baru-baru ini dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Kelautan Ketapang dalam rangka Promosi UM Pontianak untuk menjalin kerjasama dalam Pemberdayaan dari Daerah Pesisir serta Sinkronisasi kegiatan kerjasama, penelitian, pengabdian masyarakat dosen dan Kuliah Kerja Usaha/Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKU/KKN-PPM).

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran