Menyiapkan Slide

Study Lapangan Kesehatan Lingkungan: motivasi, siap kerja dan mampu bersaing Pebli hardi / 12-Jan-2017 09:01:31

Mahasiswa dan Dosen Peminatan Kesehatan Lingkungan Prodi Kesehatan Masyarakat UM Pontianak melakukan study lapangan. Study Lapangan merupakan salah satu bagian dari kegiatan yang berhubungan dengan akademik dan mendukung proses belajar mahasiswa. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa tidak hanya mendapat pengajaran dari kampus saja tetapi juga mengetahui dunia kerja yang akan mereka tempuh dan perlu mendapatkan pengalaman di luar kampus sebagai penyempurnaanya. Pelaksanaan pendidikan di dalam kampus dititikberatkan pada pengembangan kreativitas, pembekalan dasar keahlian dan pengembangan wawasan keilmuan akademik. Selain belajar di kampus mahasiswa juga dapat belajar di lapangan. Adanya kegiatan seperti ini diharapkan mahasiswa menjadi lebih mengetahui bagaimana situasi di dunia kerja yang sebenarnya khusus pada aspek penerapan keilmuan kesehatan lingkungan. 

Teddy Dian Pradana SKM.,M.Kes - Dosen pengampu mata kuliah sebelum melakukan kunjungan lapangan membekali mahasiswa terlebih dahulu dengan kajian atau telaah teori. Harapannya mahasiswa tidak hanya pintar pada tataran atas teori, namun mahasiswa juga harus bisa menerapkan teori-teori di lapangan.

Selain mendapat teori di dalam kelas dari dosen, buku, dan lain sebagainya mahasiswa diasah kemampuannya untuk dapat mempraktikan masing-masing teori dari beberapa mata kuliah yang mahasiswa tempuh melalui tugas-tugas. Salah satunya mata kuliah Pengelolaan Air Bersih mengadakan study lapangan. Tujuan Study lapangn ke perusahaan Daerah Air Minum Tirta Khatulistiwa Pertama, memperlihatkan mahasiswa tentang bagaimana produksi air siap pakai, mengetahui macam-macam air dan karakteristik air. Kedua memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang seluk beluk penyediaan air bersih, dan ketiga menambah wawasan bagi para mahasiswa di dunia pengelolaan air baku menjadi air bersih

Pelaksanan Study Lapangan ini telah memberikan banyak sekali pengalaman bagi mahasiswa tentang kesehatan lingkungan khususnya mata kuliah Pengelolaan Air Bersih, mulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi yang ada di PDAM. Pengalaman ini menjadi bahan baru bagi mahasiswa untuk melengkapi teori-teori yang telah didapatkan di kampus, sekaligus menjadi motivasi lebih giat belajar dan berkarya agar setelah lulus siap kerja dan mampu bersaing.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran