Menyiapkan Slide

PKM: Laboratorium lapangan dan problem solving cycle Pebli hardi / 10-Jan-2017 10:01:37


Peraturan Pemerintah PP No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, bahwa tujuan Pendidikan Tinggi seperti yang telah diketahui bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi peningkatan taraf kehidupan, sudah selayaknya masyarakat mengedepankan pendidikan sebagai salah satu unsur yang ada dalam diri kita.

Pendidikan sendiri dilihat dari pengertiannya bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan sebuah proses belajar mengajar agar peserta didik menjadi aktif dan berkembang dalam mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Dalam rangka pelaksanaan pendidikan, proses pembelajaran yang terjadi tidak terbatas di dalam kelas saja. Pengajaran yang berlangsung pada pendidikan ini lebih ditekankan pada pengajaran  yang menerobos di luar kelas, bahkan diluar institusi pendidikan seperti lingkungan kerja,  alam dan kehidupan  masyarakat. Hal ini Praktikum Kesehatan Masyarakat (PKM) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem  program pengajaran serta merupakan wadah yang tepat untuk mengaplikasikan  pengetahuan, sikap dan keterampilan  yang diperoleh selama mengikuti Proses Belajar dan Mengajar (PBM).

Lahan praktik sebagai sarana belajar dan mengajar untuk mewujudkan profesional bagi  mahasiswa dan sebagai wadah yang telah mendapatkan pelajaran teori di kelas atau praktek di lapangan. Disamping itu, diharapkan PKM dapat dijadikan sebagai laboratorium lapangan untuk lahan pengabdian kepada masyarakat

Tujuan PKM adalah Memberikan pengalaman belajar dan ketrampilan kepada mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kesehatan dengan pendekatan problem solving cycle agar memperoleh hasil yang efisien, efektif dan optimal dalam memperoleh, mengolah dan menganalisa  data informasi serta menginterpretasikan hasilnya pada saat intervensi kepada masyarakat.

Kegiatan Praktikum Kesehatan Masyarakat Pada Tingkat Puskesmas terdiri atas; Pengumpulan data, Analisis Situasi Masalah, Menyusunan  Prioritas Masalah dan Penetapan Lokasi Kasus (Lokus). Tingkat Desa (Lokus) Pengumpulan Data Masyarakat (Community Based), Inventarisasi Faktor Penyebab Masalah, Penetapan Faktor  Determinan.  Tingkat Desa (Intervensi) Membuat Alternatif  Pemecahan Masalah,  Lokakarya Mini (Rembuk Desa), Penyusunan Rencana Tindakan (plan of action), Tindakan Intervensi, Penulisan Laporan, Penyajian Laporan (Seminar).  Peserta Mahasiswa semester akhir.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran