Menyiapkan Slide

Pers mahasiswa alat penggerak dalam lingkungan kampus Pebli hardi / 09-Jan-2017 13:01:23


Berbicara tentang kampus tentu tidak akan ada matinya. Kampus bukan hanya tempat sebagai mahsiswa mencari ilmu tapi juga sebagai wadah untuk membentuk idealisme. pers mahasiswa juga sebagai salah satu motivator dalam upaya membentuk paradigma masyarakat, Pers dituntut untuk menunjukkan peran aktifnya sebagai lembaga yang mampu membenahi atau mengingatkan dari kesalahan-kesalahan yang sedang terjadi pada kehidupan sosial yang tidak luput juga pada kehidupan kampus. Sebagai motivator ini yang kita kerucutkan pada dunia kampus. Hal ini bertujuan supaya para pendengar khususnya mahasiswa diberikan suntikan motivasi atas isu-isu yang sedang berkembang di kampus agar mereka lebih intens dan peduli serta mampu mengkritisi terhadap kebijakan-kebijakan kampus supaya kampus tersebut dalam berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diinginkan kita bersama.

Memberikan sebuah informasi, memberitakan kejadian dan mengkritisi sebuah instansi untuk lebih baik adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh seorang jurnalis di dalam dunia pers. Sebagai seorang jurnalis pada dasarnya berkegiatan menghimpun berita, mencari fakta dan melaporkan peristiwa secara tepat, akurat dan fakta di lapangan. Jurnalisme sangat penting dimanapun dan kapanpun. Jurnalisme juga sangat diperlukan dalam negara demokratis seperti pada zaman sekarang yang selalu dinamis. Tidak peduli pada saat perubahan zaman, baik sosial, ekonomi, politik maupun yang lain-lainnya.
Pers mahasiswa adalah entitas penerbitan mahasiswa yang beroperasi di perguruan tinggi dan dikelola oleh mahasiswa. Pers mahasiswa dianggap sebagai organisasi pers yang paling ideal karena tidak berorientasi pada kepentingan ekonomi melainkan pada idealisme mahasiswa.

Ada beberapa terminologi terkait pers mahasiswa ini, antara lain pers kampus, penerbitan pers mahasiswa, dan pers mahasiswa. Namun, terminologi yang paling banyak dipakai adalah pers mahasiswa. Pers mahasiswa adalah penerbitan pers (dalam bentuk majalah, tabloid, newsletter, buletin, atau media online) yang benar-benar dikelola oleh mahasiswa. Seluruh proses mulai dari mencari berita (informasi), penulisan, tata letak, pracetak dan distribusi dilakukan oleh mahasiswa.

Animo Pers Mahasiswa di Indonesia mulai muncul sejak sebelum era kemerdekaan. Bahkan sebelum sejarah kampus perguruan tinggi ada. Pers mahasiswa memiliki ikatan yang sering disebut PPMI atau Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia. Wadah ini juga ada di beberapa kota dalam bentuk PPMI Kota dan PPMI Dewan Kota.

Agar pers kampus memiliki kinerja yang optimal, perlu dukungan dukungan dari pihak-pihak terkait, baik itu dukungan moral maupun materil. Pers adalah sebagai media atau alat penggerak dalam lingkungan masyarakat yang sama halnya dengan lingkungan kampus. Semua perubahan berawal dari pergerakan dan setiap jurnalis harus menyediaan berita yang lengkap, adil, berimbang dan Fakta.
Semoga dengan anda terlibat pada pers mahasiswa idealisme ada terjaga sampai kapanpun.

Abrori, M.Kes

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran