Menyiapkan Slide

Lya Deni Prilianti Mahasiswi UM Pontianak Ukir Prestasi Tingkat Nasional Pebli hardi / 23-Dec-2016 15:12:16

Sepanjang tahun 2016 ini UM Pontianak terus mengukir prestasi dari para MahasiswaKali ini Mahasiswi Prodi Pendidikan Kimia UM Pontianak atas nama Lya Deni Prilianti mencatatkannamanya sebagai juara 3 diajang Pertamina Olimpiade Sains 2016 bidang kimia yang diadakan diDepok Jawa Barat dan Simprug Jakarta Selatan pada tanggal 19-24 November 2016.

Lya adalah anak pertama dari 3 bersaudara yang berasal dari daerah Kubu Raya, dia Putrisulung dari seorang Petani. Olimpiade yang diadakan tiap tahunnya ini diikuti oleh ribuan pesertadari seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia untuk kategori teori dan RegionAsean untuk kategori proyek sains. Pada kategori teori seleksi diadakan beberapa tahap yaitu babakpenyisihan, semifinal dan babak final. Pada tahun 2016 untuk pertamakalinya babak penyisihandilakukan dengan sistem CBT (computer based test) pada tanggal 3-9 oktober 2016. Tahunsebelumnya seleksi diadakan secara tertulis yang dipusatkan pada beberapa perguruan tinggi negeri yang ditunjuk oleh Pertamina. Peserta akan mendapat ID dan pasword untuk login pada web pertamina dan mengisi soal. Hasil seleksi CBT tersebut di ambillah 11 peserta terbaik (3 peserta juara 1, 2, 3 nasional & 8 peserta terbaik di masing-masing regional) untuk masing-masing bidang (kimia,fisika, biologi, dan matematika). Dari 11 peserta finalis kategori teori bidang kimia, Lya Deni Prilianti (mahasiswa UM Pontianak Prodi Pendidikan Kimia Semester 7) mewakili perguruan tinggi swastadan negeri yang ada di kalimantan barat.

Di babak final yang diadakan di depok dan simprug terdapat dua babak yaitu babak semi final (pengerjaan soal-soal sesuai bidang & penilaian makalah soal open ended) dan babak grandfinal(presentasi makalah soal open ended yang telah dibuat sebelumnya oleh masing-masing finalis). Dari babak semifinal, finalis dikerucutkan lagi menjadi 6 besar yang diambil dari perolehannilai tertinggi di babak semi final untuk kemudian mengikuti babak grand final. grand finaldidapatlah 4 peserta terbaik untuk gelar juara nasional di masing-masing bidang untuk kategoriteori. Untuk kategori teori bidang kimia juara 1 diperoleh perwakilan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), juara 2 perwakilan dari Universitas Gajah Mada(UGM), juara 3 perwakilan perwakilandari UM Pontianak, dan juara harapan 1 diperoleh perwakilan dariITS (Instutut Teknologi Sepuluh Nopember) tentunya perjuangan panjang tersebut yang dilalui danmenorehkan prestasi yang baik tidak hanya berdampak pada mahasaiswa itu sendiri tetapi juga UM Pontianak. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran