Menyiapkan Slide

Mahasiswa UM Pontianak Kembali Lolos PIMNAS ke – 33 Tahun 2020 Winda lina / 13-Nov-2020 09:11:03

Universitas Muhammadiyah Pontianak (UM Pontianak) kembali meloloskan kelompok mahasiswanya dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 33 tahun 2020. UM Pontianak meloloskan satu proposal Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM - GFK). Keputusan lolosnya tim PKM – GFK UM Pontianak tertuang dalam Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional (PUSPRENAS) Nomor 2414/J3//2020 Tentang Penetapan Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Tahun 2020.

Tim PKM  - GFK UM Pontianak digawangi oleh ketua tim Dani Saputra (Program Studi Budidaya Perairan), anggota 1 Chairul Syafar Putra (Program Studi Teknik Informatika) dan anggota 2 Muhammad Fadhillah (Program Studi Pendidikan Biologi) dengan Dosen Pendamping yaitu  Bapak Eko Prasetio, S.Pi., MP. Kelompok mahasiswa ini mengangkat judul “Hexadome Coral, Upaya Pelestarian Terumbu Karang Sebagai Penghasil Oksigen”.

Hal yang menjadi motivasinya untuk maju ke PIMNAS adalah sebuah tujuan yang ingin dicapai yaitu transplantasi terumbu karang di media buatan. Banyak sekali metode transplantasi, namun tidak semua memberikan hasil yang maksimal. Hexadome Coral hadir sebagai solusi atas kekurangan tersebut. Konsepnya adalah dengan memanfaatkan beton berbentuk kubah berongga sebagai media tanam larva terumbu karang yang akan ditempatkan dengan formasi tertentu di laguna.

"Hexadome Coral nantinya akan membentuk gugus terumbu karang yang stabil dan kuat menahan ombak dan abrasi laut. Bentuknya yang berongga sekaligus menjadi habitat bagi ikan dan organisme laut lainnya yang hidup berasosiasi dengan karang. Secara langsung hal ini akan berdampak baik terhadap eksistensi fitoplanton dan alga yang akan berperan sebagai penghasil oksigen terbesar di Bumi. No Reef, No Ocean, No Air. “Ujar Ketua Tim, Dani Saputra.

Ia juga menambahkan bahwa dirinya bersyukur dan bangga bisa lolos PIMNAS tahun ini dan berharap bisa memberikan yang terbaik untuk UM Pontianak. “Perasaan bisa lolos pimnas tahun ini bersyukur dan bangga dan harapan untuk PIMNAS ini Semoga mendapatkan emas dan membanggakan UM Pontianak, jurusan dan daerah tercinta,” ungkapnya.

PIMNAS merupakan upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan prestasi, kemampuan akademik, wawasan dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang riset serta sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan tahap lanjutan dari kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). PIMNAS ke - 33 Tahun 2020 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai media dan sarana komunikasi, mempertajam wawasan, dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektual pada forum ilmiah. PIMNAS ke-33 tahun 2020 akan diselenggarakan secara daring pada tanggal 24-29 Nopember 2020.

Dr. Mawardi, MM, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UM Pontianak sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat dan sukses kepada mahasiswa yang lolos ke ajang yang sangat bergengsi ke tingkat Nasional. Terakhir, beliau juga menuturkan bahwa persiapan untuk maju ke PIMNAS adalah mental, percaya diri dan isi yg ingin kita presentasikan serta juga berpesan jangan lupa berdo’a semoga perwakilan UM Pontianak bisa mendapatkan hasil yang maksimal,

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran
Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
Telp. 0561 764571
Faks. 0561 764571
Email. kontak@unmuhpnk.ac.id
Website Statistics