Menyiapkan Slide

Program Kemitraan Masyarakat, UM Pontianak distribusikan fasilitas Pendidikan dan Kesehatan Bambang sakti / 20-Oct-2020 11:10:49

Putri Gumentar merupakan salah satu PAUD yang berlokasi di Kabupaten Mempawah. Kondisi PAUD yang cukup sederhana dalam tampilan, namun begitu berbesar hati dalam menyambut tim PKM Universitas Muhammadiyah Pontianak ketika berkunjung ke lokasi pada Jumat, 24 Juli 2020. Ruang kelas yang hanya menampung segelintir siswa dengan fasilitas seadanya ini tak menyurutkan semangat bagi pejuang pendidikan di PAUD yang berlokasi di Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir ini untuk terus mendidik generasi masa depan calon penerus bangsa.

Universitas Muhammadiyah Pontianak dalam Program Hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh RISTEK BIRN 2020 melakukan penerapan inovasi pembelajaran, yakni model-model pembelajaran yang variatif sesuai dengan standar kurikulum 2013. Iin Maulina, M.Pd, Ketua Tim PKM, sekaligus Dosen PAUD UM Pontianak bertindak sebagai salah satu narasumber pada guru-guru PAUD se Kecamatan Mempawah Hilir. “Pengajaran PAUD pada kurikulum 13 ini lebih bersifat inovatif dan memprioritaskan pada keaktifan siswa, model pembelajaran selayaknya bervariasi sehingga dapat memunculkan minat anak”, tegas Iin Maulina. Sejalan dengan itu,“Ufi Ruhama’, M.Pd.B.I selaku anggota pendamping memaparkan bahwa jangan ada pemaksaan pada anak PAUD dalam proses belajar mengajar, seperti menulis atau membaca karena hal tersebut akan mengganggu psikologis anak yang masih dalam taraf usia bermain. Gandha Sunaryo Putra, S.K.M, M.Kes dihadapan perangkat desa juga memberikan motivasi kepada guru-guru PAUD agar tetap menjaga kebersihan dan menjalankan kegiatan sesuai dengan protocol kesehatan. Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan penggunaan masker merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi dalam rangka proteksi diri dan lingkungan terutama dalam masa pandemic covid 19. Meskipun labelisasi zona hijau pada Kabupaten ini, namun masyarakat jangan lengah dan harus terus waspada, lanjutnya.

Ketua LPPM, UM Pontianak, Edy Suryadi, S.E, MM mengatakan program seperti ini sangat membantu bagi pendidikan dan kesehatan di Daerah, khususnya Kabupaten Mempawah apalagi disaat pandemi seperti sekarang. Sunarti, S.Pd, Kepala Sekolah PAUD Putri Gumentar beserta HIMPAUDI Kabupaten Mempawah menyambut harus dengan kegiatan akhir yakni serah terima berupa fiberglass, wastafel, sabun cair dan lap tangan, hand sanitizer, face shield, komik, video Senam Cuci Tangan Pakai Sabun, komik edukasi kesehatan, media Alat Peraga Edukasi (APE), modul model pembelajaran Kurikulum 2013 serta berbagai permainan edukatif. “Kami sangat berterimakasih kepada Universitas Muhammadiyah Pontianak dan RISTEK BRIN 2020 atas bantuan yang diberikan kepada PAUD kami, semoga bisa berkesinambungan”, harap Sunarti. Iin mengatakan bahwa UM Pontianak akan menginisiasi kerjasama dengan beberapa PAUD tersebut sehingga dapat menjadi mitra yang dapat memberikan kontribusi positif dalam ranah pendidikan di kota Bestari ini. (UR)

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran
Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
Telp. 0561 764571
Faks. 0561 764571
Email. kontak@unmuhpnk.ac.id
Website Statistics