Menyiapkan Slide

TUBERKULOSIS MERAJALELA, MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK RANCANG APLIKASI SEBAGAI SOLUSI UNTUK MEMBANTU PENDERITA TUBERKULOSIS DALAM RANGKA MELAKSANAKAN KEGIATAN PKM-KC Bambang sakti / 14-Oct-2020 15:10:19

Dirjen Pencegahan & Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto  mengungkapkan kasus tuberkulosis (TB) pada Indonesia berada diposisi ketiga didunia setelah China & India. Ia mengungkapkan bahwa ada 845.000 kasus TB di Indonesia, sedangkan di India terdapat 2.740.000 kasus dan China 889.000 kasus.

Persentasi penyakit TB di setiap wilayah di Indonesia berbeda-beda. Di sekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Palung, yang 80% areanya berada di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, jumlah ini tergolong tinggi jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Provinsi Kalimantan Barat (Kemenkes RI, 2018).

Angka yang cukup tinggi ini disebabkan oleh ketidak patuhan pasien dalam minum obat sehingga pasien tersebut tidak kunjung sembuh. Menurut Annisa Fitria selaku anggota “masalah yang dialami dikarenakan lupa dan terkadang tidak tepat waktu dalam meminum obat”.

“Di era modern ini, teknologi diharapakan dapat membantu dan meringankan usaha penyembuhan pasien Tuberkulosis dengan cara merancang sebuah aplikasi untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh pasien Tuberkulosis” ungkap Tengku Adriantama ketua PKM-KC. Ferry Riniadi selaku anggota juga menambahkan “Ya, kami merancang sebuah aplikasi bernama Aksi Senam Umat (Aplikasi Asisten Pengingat Minum Obat) bagi penderita tuberkulosis dengan artificial intelligence berbasis android yang memiliki fitur yang diharapkan mampu membantu usaha penyembuhan pasien TBC”. Asrul Abdullah S.Kom.,M.Cs selaku dosen pembimbing berharap aplikasi ini dapat segera diimplementasikan agar dapat dirasakan oleh semua pengguna dan memberikan kemudahan khususnya pasien TBC dalam usaha penyembuhan.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran
Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
Telp. 0561 764571
Faks. 0561 764571
Email. kontak@unmuhpnk.ac.id
Website Statistics