Aplikasi Teknologi Pasca Panen Perikanan "Lemari Pengasapan Ikan Portable" Bambang sakti / 21-Sep-2020 15:09:09

KADIN Kalbar dan Universitas Muhammadiyah Pontianak menggelar penyuluhan dan pelatihan dengan tema ‘Aplikasi Teknologi Pascapanen Perikanan Menggunakan Lemari Pengasap Ikan Portable Sebagai Peluang Alternatif Usaha Pengurus PCM Pontianak Tenggara dan Kelompok Masyarakat UMKM Lainnya Terdampak Covid-19’, Minggu (20/9). Kegiatan ini digelar di Universitas Muhamadiyah Pontianak dengan diikuti 32 peserta dari empat kelompok masyarakat.

Penyuluhan dan pelatihan ini merupakan kegiatan PKM Dosen atas nama Eka Indah Raharjo dan Dedi Hariyanto yang mendapatkan hibah pengabdian internal LPPM UM Pontianak berbasis Muhammadiyah (MPM PWM Kalbar). Kegiatan ini merupakan wujud implementasi MoU antara UM Pontianak dgn KADIN Kalbar yang salah satu programnya yaitu pemberdayaan masyarakat umum, khususnya yang terdampak pandemi Covid-19.

Ketua Tim Dosen Pengabdi, Eka Indah Raharjo mengatakan, kegiatan ini dapat memberi peluang usaha bagi masyarakat untuk menghadapi pandemi yang tengah terjadi.

“Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan kelompok masyarakat dan memberi peluang alternatif usaha yang menjanjikan,” kata Eka saat diwawancara Pontianak Post.

Selain memberi pelatihan, Eka yang juga wakil ketua umum bidang kelautan dan industri perikanan KADIN Kalbar, memberikan alat ciptaannya. Karya Eka ini pernah mendapat juara dalam lomba Cipta Karya Inovasi Teknologi Kota Pontianak dan Mendapat Piagam Penghargaan dari Walikota Pontianak serta Bupati Kubu Raya. Alat ini telah didaftarkan ke HAKI/PATEN ke Kemenkumham RI melalui KemenristekBrin RI.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta ini, juga dihadiri Rektor Universitas Muhammadiyah Pontianak, Dr. Doddy Irawan, ST.,M.Eng, Zainul Arifin yang mewakili Ketua umum KADIN Kalbar, Joni Isnaini, Sekretaris PDM Kota Pontianak, Rikza Tamrin SAg. Turut Hadir Eddy S yang mewakili Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak.

Eka berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Semoga transfer teknologi tepat guna dan praktis ke kelompok masyarakat dapat diadopsi dengan baik dan berkelanjutan guna meningkatkan ekonomi di masa new normal,” tutup Eka.

PontianakPost.co.id

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran
Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
Telp. 0561 764571
Faks. 0561 764571
Email. kontak@unmuhpnk.ac.id
Website Statistics