Menyiapkan Slide

Dosen UM Pontianak Ikuti Penyusunan SRAD Berbasis Universal Access Abrori / 09-Mar-2020 16:03:54

HIV dan AIDS masih menjadi masalah hampir pada semua Kabupaten/Kota. Salah satu kota Pontianak. Untuk mengantasinya berbagai upaya dilakukan salah satunya Strategi Rencana Aksi daerah (SRAD). SRAD ini penting guna mencegah dan mengurangi risiko penularan HIV. Hal ini, guna meningkatkan kualitas hidup orang dengan HIV (ODHA) serta mengurangi dampak social dan ekonomi akibat HIV. Khususnya bagi para individu, keluarga dan masyarakat agar menjadi produktif dan bermanfaat untuk semua. Kegiatan ini turut hadir antara lain; perwakilan Kasubag Perencanaan dan Keuangan Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Kasubdit Pembangunan Manusia, Masyarakat, Sosial dan Budaya Bappeda Kota Pontianak, Kasi Bantuan Sosialdan Bencana Dinas Sosial Kota Pontianak, RBM Bumi Khatulistiwa, Yayasan Pontianak Plus-EJAF, KPA Kota Pontianak, Beberapa aktifis peduli AIDS dan Akademisi dari UM Pontianak. Kegiatan dilaksanakan di Teras Café Hotel Transera Jln. Gajah Mada Pontianak. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk menyusun draf Strategi Rencana Aksi Daerah terkait Harm Reduction dalam Rangka penanggulangan HIV dan AIDS di Kota Pontianak.    

Tedi dari YPP-EJAF mengatakan bahwa “Orang-orang dan kelompok masyarakat untuk berperan aktif dalam penanggulangan HIV dan AIDS. SRAD ini merupakan program pengurangan HIV dan AIDS. Terutama pada kehidupan sosial dan ekonomi orang-orang yang terinfeksi dan terdampak HIV. Mereka kurang beruntung sebenarnya sudah ada berbagai mekanisme jaminan sosial dari pemerintah, begitu pula berbagai usaha yang telah dilakukan oleh lembaga-lembaga non pemerintah. Pada strategi dan rencana aksi ini program mitigasi dampak sengaja dimasukkan karena pada penilaian pelaksanaan rencana aksi agar lebih berkembang. Adanya program pada rencana aksi ini diharapkan sektor terkait, antara dapat melakukan upaya-upaya khusus agar mereka dapat betul-betul mempunyai akses pada berbagai mekanisme jaminan dan perlindungan social”.

Senada di Ungkapkan oleh Abrori, M.Kes dari UM Pontianak bahwa SRAD “Ini mengacu pada tujuan dari universal access untuk pencegahan, perawatan dan pengobatan. Akses pada pelayanan pencegahan dibutuhkan populasi kunci agar mereka mendapat informasi mengenai cara mencegah diri dari tertular HIV, mampu menilai risiko, mengetahui cara mengakses alat suntik, program VCT, IMS serta perawatan, dukungan dan pengobatan. akses pada pelayanan ART bagi ODHA yang membutuhkan agar mereka mempunyai akses untuk mendapatkan ARV, pengobatan infeksi oportunistik dan kebutuhan perawatan serta dukungan lainnya.  dengan populasi kunci menggunakan layanan pencegahan dan pengobatan yang efektif diharapkan sesedikitnya 60% dari mereka menjalankan perilaku aman”.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran
Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
Telp. 0561 764571
Faks. 0561 764571
Email. kontak@unmuhpnk.ac.id
Website Statistics