Menyiapkan Slide

Pilmapres: Uji Kecerdasan Antara Hardskills dan Softskills Abrori / 08-Mar-2020 15:03:14

Menjadi mahasiswa itu suatu anugrah, karena tidak semua orang bisa menjadi mahasiswa. Pada perguruan tinggi mereka diasah untuk menjadi orang-orang yang diimpikan oleh orang tuanya. Berbagai fasilitas diciptakan kampus guna menciptakan bakat-bakat yang terdapat pada mahasiswa. Mahasiswa ditempat salah satunya melalui fasilitasi perguruan tinggi, mahasiswa sebagai insan dewasa mengembangkan potensinya secara maksimal agar memenuhi tuntutan sebagaimana diuraikan di dalam tujuan pendidikan tinggi.

Mahasiswa diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif yang menyeimbangkan antara hard skills dan soft skills. Kemampuan ini dapat diperoleh mahasiswa melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) merupakan ajang pemilihan mahasiswa berprestasi yang rutin dilaksanakan oleh Kemenristekdikti  yang saat ini berubah menjadi  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan Pilmapres tahun 2020 ini bertujuan untuk memfasilitasi perguruan tinggi mengembangkan potensi mahasiswa secara maksimal. Semua perguruan tinggi berlomba-lomba mengadakan kegiatan tersebut.

UM Pontianak melaksanakan kegiatan Pilmapres pada tanggal 5 Maret 2020, tingkat universitas. Ini dilakukan untuk menjaring potensi mahasiswa berprestasi yang memiliki prestasi unggul dan membanggakan sesuai dengan tujuan dari pendidikan tinggi yaitu mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingkan bangsa.

Selvina, SKM.,MPH mengatakan bahwa “Pilmapres tahun 2020 ini mengangkat temaSustainable Development Goalsyang bersinergi dalam Era Revolusi Industri 4.0. Perwakilan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yaitu Aldino Persi terpilih menjadi Juara I dengan judul karya ilmiah “Peluang Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Digital di Kemajuan Industri 4.0 Menghadapi Bonus Demografi di Indonesia”. Selain Aldino, mahasiswa Program Studi Manajemen lainnya yang mengikuti Pilmapres ini adalah Rita Ningsih yang berhasil meraih Juara Harapan 2. Vazrul Rahman dari Program Studi Manajemen K. Sintang dapat menembus posisi 7 besar pada Pilmapres kali ini walaupun masih berstatus mahasiswa semester 2. Aspek penilaian dalam pilmapres tahun ini dilengkapi dengan tes wawasan kebangsaan dengan tujuan untuk mengetahui cara pandang mahasiswa mengenai diri dan ideologinya serta rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara” jelsnya.

Lebih lanjut dosen prodi Kesmas mengatakan “Pilmapres di Tingkat UM Pontianak ini diharapkan setiap program studi melakukan identifikasi dan memberi penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi unggul dan membanggakan secara berkesinambungan. Untuk itu, program studi diharapkan memiliki kebijakan yang mendorong pengembangan ketiga kegiatan tersebut”.

Dengan mengikuti ajang pilmapres, mahasiswa diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif yang menyeimbangkan antarahardskillsdansoftskillsagar menjadi sumberdaya manusia yang ideal yang memiliki keunggulan seimbang antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Sejalan dengan perkembangan zaman, Pilmapres tertuntut untuk mampu mencermati kualitas peserta yang sesuai dengan perkembangan terkini baik di bidang keilmuan maupun di masyarakat. Revolusi Industri 4.0 yang terjadi saat ini mempengaruhi paradigma keilmuan sehingga perguruan tinggi dan mahasiswa harus mampu menyelaraskan diri dengan fenomena tersebut dalam pembelajaran.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran
Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
Telp. 0561 764571
Faks. 0561 764571
Email. kontak@unmuhpnk.ac.id
Website Statistics