Menyiapkan Slide

Deva Dasilva Lulus Tercepat pada Prodi Kesmas Abrori / 27-Feb-2020 16:02:38

Pecah telur istilahnya, mahasiwa angkatan 2016 atas nama Deva Dasilva berhasil mempertahankan sidang skripsinya di depan dewan sidang skripsi yang pertama pada angkatannya. Ia berhasil menyelesaikan studinya dalam waktu 3 tahun 6 enam bulan. Dia adalah Mahasiswa peminatan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak ini mengangkat tema ‘Pendidikan Kesehatan Melalui Melalui Media Film Dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan, Sikap Self Efficacy Pencegahan Seks Pra Nikah Remaja’. Tema tersebut diangkat mengingat perilaku seksual remaja sangat mengkhawatirkan. Padahal berbagai upaya telah dilakukan guna mencegah perilaku seks pranikah remaja. Pendidikan kesehatan melalui media film menjadi media yang cukup menarik bagi remaja. Adapun tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap dan self efficacy remaja dalam menolak ajakan seks pranikah antara sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan melalui media film.

Adapun dosen pembimbing dalam penelitian tersebut adalah Dr. Linda Suwarni, SKM.,M.Kes dan Selviana, SKM.,MPH. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan, sikap,danself efficay antara sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan melalui media film(p value <0,05). Pendidikan kesehatan melalui media film dapat dijadikan sebagai media alternative dalam upaya pencegahan perilaku seks pranikah remaja melalui peningkatan pengetahuan, sikap, dan self efficacy remaja dalam menolak ajakan seks pranikah.

Anak dari pasangan Faisal Mucharam dan Ibu Elly Sakila Zan berhasil mendapatkan nilai yang memuaskan. Deva nama panggilannya menghabiskan pendidikan dari Taman Kanak-Kanak sampai tingkat SMA di Ketapang.

Pembimbing 1 dan 2-nya mengatakan bahwa “Sidang skripsi diperlukan untuk mengetahui apakah seseorang dianggap memiliki kapabilitas yang cukup, atau sebaliknya sehingga ia layak memperoleh gelar.Bagi sebagian orang, skripsi dianggap sebagai sebuah momok yang menakutkan. Namun sebaliknya akan menjadi tantangan bagi sebagian para mahasiswa. Benarkah demikian? Tentu apabila kita tahu tips-tipsnya, penyususnan skripsi sampai sidang kripsi tidaklah seseram yang kita bayangkan. Yang pasti masing-masing pribadi akan berbeda-beda merasakannya. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Prodi Kesmas mensyarakatkan kepada para mahasiswanya yang akan maju pada proses skripsi harus terlebih dahulu menonton seminar proposal. Setidaknya 4 kali. Hal ini, dengan tujuan bahwa mahasiswa terpapar dengan proses seminar ataupun sidang skripsi tersebut”. jelasnya     

                                                                                  

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran