Silaturahmi BPH, PWM dan UM Bengkulu Ke UM Pontianak Abrori / 20-Feb-2020 21:02:30

UM Pontianak kedatangan tamu dari Bengkulu. Mereka adalah BPH dan Pengurus Wilayah Muhammadiyah Bengkulu. Kedatangan mereka dalam rangka silaturahmi, Penanda tangana kerja sama dan kaji banding terkait tri darma perguruan tinggi antarPerguruan Tinggi Muhammadiyah. Kedatangan mereka disambut langsung oleh jajaran PWM Kalimantan Barat, Rektor beserta jajaran UM Pontianak. Acara dilaksanakan di aula lantai III UM Pontianak dan berlangsung akrab serta penuh kekeluargaan. Sambutan pertama oleh kedua belah pihak yang pertama oleh PWM Kalimantan Barat kemudian dilanjutkan oleh Rektor. Kedua sambutan oleh PMW Bengkulu kemudian rector UM Bengkulu yang selanjutnya dialaog antara keduanya.       

Beberapa Dialog yang diuatarakan keduanya antara lain terkait dengan pembinaan AIK di UM Pontianak. Pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi di UM Pontianak.  Pada sesi pertama terkait AIK yang dilaksanakan UM Pontianak. Rektor Dr. Helman Fachri, SE.,MM menjelaskan terkait AIK yang dikembangkan di UM Pontianak. AIK yang dilakukan diUM Pontianak bekerjasama dengan mahasiswa. Mereka adalah para anggota IMM maupun di BEM.

Selebihnya terkait AIK lebih detail ditambahkan informasinya oleh Hermanto, S.Pd.I.,M.Pd.I selakuk ketua AIK UM Pontianak. AIK terdiri atas para mahasiwa yang telah dibekali sebelumnya terkait Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Mereka terkabung dalam program mentoring untuk mahasiwa dibawahnya. Ada beberapa hal yang dilakukan antara lain baca tulis Al qur’an. Berikutnya mentoring ibadah, ibadah thoharoh, sholat termasuk sholat jenazah. Para mentor direkrut dari beberapa program studi. Terlebih dahulu mereka diberikan pembekalan. Konsep AIK tidak beda jauh dengan Baitul Arqom. Yang terakhir mentoring retorika dakwah. Hal ini dilakukan dengan target kemampuan memiliki ketrampilan menjadi MC, dakwah termasuk melatih terkait dengan Khutbah. Sedangkan  pada wilayah akademik AIK ada 8 SKS dan tersebar di masing-masing semester.

Sedangkan pada aspek pendidikan lain terkait AIK dilakukan dengan mengembangkan majelis pendidikan mahasiswa setiap Jum’at setiap ba’da Ashar. Kedepan akan menjadi wajib bagi mahasiwa. Untuk para dosen dan staf karyawan kita mengadakan pengajian setiap jum’at dengan metode kajian-kajian.

Selanjutnya diskusi terkait dengan Tri Darma Perguruan Tinggi, UM Bengkulu masuk dalam di wilayah Kopertis II termasuk perguruan tinggi yang mendapatkan hibah paling banyak diwilayahnya. Saat ini UM Bengkulu ada pada wilayah Binaan, kaji banding terkaithal itu, bagaimana dengan UM Pontianak?

Saat ini UM Pontianak berada di wilayah cluster utama. Untuk mengejar hal tersebut UM Pontianak melakukan bebrapa hal guna mengejar point saat kondisi binaan. Raudhatul Fadhilah, SPd,Msi mengatakan kami kejar adalah luaran penelitian, HKI, sama model Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. TTG itu yang dilaporkan  sehingga luaran kami bisa meningkat.

Lebih lanjut dosen pendidikan Kimia FKIP mengatakan bahwa “Program penelitian dan pengbadian ini sebagai wujud komitmen dari LPPM UM Pontianak untuk memacu semangat dari para peneliti dan pengabdi agar semakin memantapkan diri menuju ilmuwan berkelas Nasional dan Internasional.  Program ini juga dimaksudkan sebagai pemantik para peneliti dan pengabdi LPPM UM Pontianak untuk berkarya sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuninya.” Tegasnya

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran