Menyiapkan Slide

PBL: Problem Solving, melalui pemberdayaan potensi lingkungan dan stakeholder Abrori / 06-Feb-2020 22:02:01

Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) dilakukan dengan melibatkan institusi yang berorientasi langsung pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat seperti Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota maupun institusi yang dapat memberi kontribusi dalam bidang kesehatan. PBL merupakan bagian dari proses belajar mengajar yang ada di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mata kuliah ini bobot 3SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah Pengalaman untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa secara langsung untuk menerapkan ilmu yang telah didapat melalui problem solving cycle dengan menganalisis permasalahan Kesehatan masyarakat di tingkat desa dan melakukan upaya pemecahannya. Dalam kegiatan ini, mahasiswa dituntut dapat memecahkan masalah di tingkat desa dengan pelibatan lintas program serta lintas sektor masyarakat.

Pada PBL ini diharapkan mahasiswa memiliki Kompetensi   Sarjana   Kesehatan   Masyarakat yang utama yaitu mampu melakukan problem solving. Perkuliahan PBL memberikan pembelajaran pada mahasiswa untuk melaksanakan upaya-upaya: pertama berkoordinasi dengan Masyarakat, Puskesmas, Perangkat desa, pencarian Posko dan pengumpulan data profil Desa. Kedua  melakukan Facility Base situation diagnosis (penelusuran data sekunder dan Profil puskesmas dari pemegang program). Ketiga menerapkan teknik teknik Community Diagnosa khususnya terkait penelusuran terkait status derajat kesehatan, KIA, Gizi, Imunisasi, Kesehatan Lingkungan, perilaku dan pencarian pelayanan kesehatan.  Dan keempat mengembangkan teknik Indept Interview dengan masyarakat/pemegang program/kelapa desa/Bidan Desa untuk memperkuat data primer dan sekunder

Kegiatan ini diwadahi dalam upaya meningkatkan kemampuan dan skill dari calon sarjana kesehatan masyarakat guna mencapai kompetensi lulusan Prodi kesmas Fikes UM Pontianak sebagai Midle Managerdalam pengelola upaya kesehatan, yang mampu melakukan diagnosa komunitas (Community Diagnosis) dan pemecahan masalah kesehatan (Problem Solving) melalui pemberdayaan potensi lingkungan dan stakeholder terkait.

Dalam menganalisis status dan kondisi kesehatan di masyarakat konsep yang digunakan adalah teori HL Blum. Konsep tersebut meliputi empat faktor, 1). Lingkungan, 2) Perilaku, 3) Pelayanan kesehatan dan 4) Keturunan (demografi dalam komunitas). Dasar pikir ini merupakan landasan peningkatan kompetensi mahasiswa, untuk itu, mereka dilatih menganalisis permasalahan dengan menggunakan pendekatan partisipatif atau fasilitatif.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa, maka dalam PBLmahasiswa ditempatkan di daerah yang dipilih sebagai lokasi kegiatan yang merupakan wilayah kerja puskesmas di wilayah Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang, Mempawah, dan Kubu Raya. Selama kegiatan, mahasiswa akan ditempatkan (homestay) di desa dan bekerja secara kelompok.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran