Peran Muhammadiyah dalam Menyikapi Situasi Indonesia Terkini Abrori / 30-Jan-2020 19:01:01

UM Pontianak kali ini kedatangan tokoh nasional. Kedatnagan tersebut dalam rangka silaturahmi sekaligus melakukan diskusi public. Adapun tema yang diangkat adalah “Peran Muhammadiyah Dalam Menyikapi Situasi Indonesia Terkini” pembicara dalam diskusi ini adalah Ibu Chusnul Mar’iyah, Ph.D. Adapun rangkaian acara dibuka oleh ketua PMW Kalimantan Barat dengan memaparkan situasi Kalbar saat ini, termasuk menjelaskan kondisi Muhammadiyah di Kalbar yang beberapa AUMnya tersebar dibeberapa Kab/Kota. Muhammadiyah di Kalbar mempunyai 3 perguruan tinggi yaitu UM Pontianak, Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan, dan Politeknik Aisyiyah.   

Selanjutnya acara inti diskusi public yang dipaparkan oleh Ibu Chusnul Mar’iyah, PhD. Beliau memaparkan kondisi Negara saat ini, mulai dari kedaualatan Republik Indonesia. Tujuan bernegara melindungi dan mencerdaskan segenap anak bangsa. Lebih lanjut beliau memaparkan terkait demokrasi. Berbicara demokrasi ada 3 aspek pertama kompetisi, kedua tidak ada warga negera yang dipinggirkan dalam proses politik, dan ketiga kebebasan pers kebebasan membentuk organisasi.  

Data dari laman http://cepp.fisip.ui.ac.id/team/chusnul-mariyah-ph-d/ bahwa Chusnul Mar’iyah Ph.D mendapatkan gelar Doktor Ilmu Politik dari University of Sydney, Australia pada tahun 1998. Beliau merupakan Dosen Tetap Departemen Ilmu Politik Universitas Indonesia sejak tahun 1982 hingga sekarang. Saat ini beliau menjabat sebagai Presiden Direktur Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP, Universitas Indonesia.

Selain itu beliau pernah menjabat sebagai Kepala Institute for Democracy Defense and Strategic Studies (IDDSS) Jakarta pada 2006-2012. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Dewan Pesan Papua Center FISIP Universitas Indonesia sejak tahun 2011 hingga sekarang. Pada tahun 2001-2007 beliau merupakan salah satu anggota dari 9 anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang berhasil menyelenggarakan pemilihan presiden dan wakilnya secara langsung untuk pertama kalinya di Indonesia, serta pemilihan anggota legislatif.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran
Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
Telp. 0561 764571
Faks. 0561 764571
Email. kontak@unmuhpnk.ac.id
Website Statistics