Menyiapkan Slide

Seminar Hasil PBL 2 Mahasiswa Abrori / 28-Nov-2019 22:11:33

Praktek Belajar Lapangan kedua (PBL II) sebagai tindak lanjut dari PBL Iyang merupakan suatu proses belajar untuk melaksanakan kegiatan yang bersangkutan dengan rencana pemecahan masalah kesehatan yang menjadi prioritas bagi masyarakat. Adapun kemampuan mahasiswa kesehatan masyarakat yang harus dimiliki dalam pelaksanaan PBL II, diantaranya mampu menetapkan rencana kegiatan intervensi dalam pemecahan masalah kesehatan yang ada di masyarakat, bertindak sebagai pelaksana, pendidik, penyuluh dan peneliti, dan melakukan pendekatan ke masyarakat.Prinsip yang fundamental dalam kegitan PBL II ini ialah terfokus pada pengorganisasian masyarakat serta koordinasi dengan Puskesmas setempat, pemerintah kelurahan/desaataupun pihak-pihak terkait lainnya.Pengorganisasian masyarakat dalam rangka pencapaian tujuan-tujuan kesehatan masyarakat adalah menghimpun potensi masyarakat atau sumber daya masyarakat itu sendiri.Pengorganisasian itu dapat dilakukan dalam bentuk pemberdayaan, penghimpunan,pengembangan potensi serta sumber-sumber daya masyarakat yang pada hakekatnya menumbuhkan, membina dan mengembangkan partisipasi masyarakat di bidang pembangunan kesehatan.

Andri Dwi Hernawan, SKM.,M.Kes (Epid) selaku ketua panitia mengatakan bahwa “sebelum mahasiswa turun ke lapangan ada beberapa tahapan yang dilaluinya antara lain; mahasiswa menentukan sendiri lokasi yang akan dijadikan praktek, Pembekalan yang disampaikan oleh tim yang ditunjuk oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UM Pontianak, penerjunan ke lokasi praktek, tentu tidak dilepas bitu saja ada kegiatan seperti monitor dan evaluasi serta penarikan dari lapangan. Setelah prosesi tersebut para mahasiwa diminta untuk mempertanggungjawabkan hasil kegiatan di depan tim penilai ada pertanyaan, klarifikasi dan masukan oleh pereview. Saat ini mahasiswa pada tahapan pemaparan hasil kegiatan. Pada sela-sela kegiatan tersebut panitia menyelenggarakan juga pameran hasil karya meraka selama 45 hari di lapangan”. Pungkasnya

Untuk mendukung kegiatan intervensi pada Praktek Belajar Lapangan kedua ini (PBL II), maka perlu diketahui Analisis situasi masalah kesehatan masyarakat yang terjadi di pada lokasi yang telah diintervensi.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran