Milad ke-29: 474 Mahasiswa/i UM Pontianak Wisuda Sarjana Abrori / 02-Nov-2019 23:11:06

UM Pontianak memperingati Milad ke-29 sekaligus Wisuda Sarjana yang dilaksanakan di Auditorium UM Pontianak Jl. Ahmad Yani 111. Hadir pada acara tersebut Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Provinsi Kalimantan Barat, perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi XI Kalimantan, Ketua Majlis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Barat Dr. Pabali Musa, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Pontianak, Pengurus BPH UM Pontianak, Pimpinan ‘Aisyiah, Ortom dan Amal Usaha Muhammadiyah, Wisudawan beserta kerabat serta undangan lainnya.

Rektor UM Pontianak, Dr. H. Helman Fachri SE MM dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur tiada terhingga atas perjalanan kampus yang didirikan secara resmi pada 29 tahun silam. “Keberhasilan ini adalah sebuah perjalanan panjang dari perpaduan tekad, optimisme dan kerja keras civitas akademika UM Pontianak, Badan Pembina Harian (BPH), Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalbar, Majlis Diktilitbang PP Muhammadiah dan berbagai pihak,”ungkap

 Helman Fachri menginformasikan bahwa UM Pontianak saat ini sedang fokus pada peningkatan dan penambahan  sarana dan prasarana terus dilakukan  untuk menunjang aktivitas   kerja dan pelayanan bagi civitas akademika, begitu juga pengembangan lembaga antara lain: Pembangunan gedung Kuliah 8 Lantai sebelah Auditorium sudah  selesai untuk fisik bangunan. Penggunaan ruang kuliah sampai pada lantai 5, saat ini sedang pemasangan lift.  Kedua Program Kegiatan Kantor Urusan Internasional terus meningkat, tidak hanya MoU tetapi berbagai aktivitas antara lain: Global village festival budaya 5 negara, Visiting Professor, Academic visit to Kuching Institute Pendidikan Batu Lintang, SEA TVET Meeting Program, Workshop IELTS kerja sama dengan Universiti Putra Malaysia, MoU dengan Southeast University, Jiansu University, Nanjing University. Hibah Kementrian KUI kerja sama UNTAN, UPM dan UPB. Ketiga Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah, yang saat ini sudah mengelola 19 Jurnal online.  8 jurnal sudah terakreditasi di SINTA Kemenristek dikti (mulai SINTA 3 hingga 5). Untuk jurnal masih dalam proses pengajuan akreditasi sebanyak 2 (dua) jurnal, sedangkan jurnal yang baru terbit tahun 2019 sebanyak 3 (tiga) jurnal. Untuk buku ilmiah dosen sudah menerbitkan 7 (tujuh) buku. Tahun 2019 LPPI UM Pontianak sudah menjadi anggota IKAPI dan anggota Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI). 1 (satu) orang dosen UM Pontianak an. Fenni Supriadi, SE, MM menjadi Asesor Akreditasi Jurnal Nasional. Keempat Lembaga baru yang dibentuk, yaitu Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan. Lembaga ini dimaksudkan  sebagai pusat inovasi industry barang dan jasa baik bagi  dosen maupun mahasiswa, disamping itu sebagi pusat incubator bisnis, penanggung jawab pengelolaan unit-unit bisnis kampus. Saat ini sedang merampungkan  Aplikasi digital “My UM”  yang dapat digunakan berbagai transaksi, dan kelima kerjasama dengan Pemerintah Daerah dan Instansi teknis terkait, BUMN, BUMD dan beberapa perusahaan untuk kegiatan magang mahasiswa, pelatihan kerja, riset bersama.

Selain itu, pada acara wisuda tersebut dilakukan juga orasi ilmiah oleh Dr. Doddy Irawan, ST.,M.Eng. dengan tema “Konsep Konservasi dan Efisiensi  Energi Bidang Material Bahan Bangunan Lokal Sebagai Upaya Energi Berkelanjutan di Kalimantan Barat”..      Pada kesempatan itu Rektor menyampaikan pesan bahwa saat ini UM Pontianak mewisuda para mahasiswa dari  Progam  S-1 Budidaya Perairan : 41 org, Prodi Teknik Mesin : 25 orang, Manajemen : 175 orang, Pendidikan Agama Islam : 10 orang, Kesehatan Masyarakat : 191 orang, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini : 19 orang, Pendidikan Kimia 8 orang,  Pendidikan Biologi : 39 orang. Dari sejumlah tersebut di atas wisudawan yang telah meraih IPK tertinggi, antara lain: Ilham Mubassyr (151630067), nilai IPK 3,97, predikat dengan Pujian, dari Program studi Pendidikan Biologi. Khairunisa Widiastuti  (141410324), nilai IPK 3,93, predikat dengan Pujian, dari Program studi Pendidikan Agama Islam. Yani Putri (151610234), nilai IPK 3,92, predikat dengan Pujian dari Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.Nirmalasari (151310082), nilai IPK 3,83, predikat dengan Pujian dari Program studi Manajemen. Merliana (151110371), nilai IPK 3,77 predikat dengan Pujian dari Program studi Budidaya Perairan. Meisya Tri Farida (151620435), nilai IPK 3.76 predikat dengan Pujian dari Program studi Pendidikan Kimia. Fitri Nur Kolbi (151510388), nilai IPK 3,74, predikat Dengan Pujian dari Program Studi Kesehatan Masyarakat. Dan Indra (141210134), nilai IPK 3,60, predikat Sangat Memuaskan dari Program Studi Teknik Mesin.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran