Menyiapkan Slide

UM Pontianak: Program SEA TVET Lintas Batas Membantu Peningkatan SDM Abrori / 20-Oct-2019 14:10:37

Saat ini UM Pontianak melalui Kantor Urusan Internasional sedang menjalankan program Southeast Asian Technical and Vocational Education and Training (SEA TVET) yang diikuti oleh berbagai institusi dari beberapa negara. Adapun negara yang mengikuti kegiatan tersebut antara lain; Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Kegiatan tersebut dalam bentuk skema. Adapun skema kegiatan dalam bentuk program pertukaran mahasiswa, dalam hal ini skema magang dan academic exchange. Program tersebut diyakini dapat menjadi langkah prioritas untuk meningkatkan kualitas dan pengembangan pendidikan di Asia Tenggara yang dimulai dengan rentang waktu 2015-2035.

Program ini resmi dijalankan setelah terselenggaranya pertemuan resmi pertama di Chiang Mai Thailand tepatnya pada 24-26 Agustus 2015. UM Pontianak sendiri baru bergabung dalam program SEA TVET pada tahun 2018. Program pertama yang dilakukan pertama oleh UM Pontianak adalah pertukaran mahasiswa di antara beberapa negera yang tergabung dalam program SEA TVET. Salah satunya pertukaran mahasiswa yang dilakukan dengan negara Filipina. Adapun tujuan dari skema program tersebut adalah pertukaran mahasiswa ke negara Filipina. Sementara itu, dua mahasiswa asal Filipina juga menjalani program yang sama dari Lyceum of the Philippines University. Mereka menjalani program magang di UM Pontianak dan academic exchange pada Fakultas Ilmu Kesehatan selama satu bulan.

Program berlangsung sejak 20 September hingga 20 Oktober 2019. Selain kedua mahasiswa tersebut magang di UM Pontianak. Mereka juga menjalani kegiatan magang di Bank Kalimantan Barat yakni Debbie De Chavez dan Tricia Mae. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk bekerja bersama dengan berbagai institusi yang ada di Asia Tenggara untuk membentuk harmonisasi dan internasionalisasi dalam bidang pendidikan di Asia Tenggara. Selain itu, kegiatan ini adalah bagian untuk mempromosikan kurikulum, atmosfer akademik, dan industri untuk pengembangan kualitas institusi khususnya UM Pontianak pada kalangan internasional. Sehingga para peserta mendapatkan pengalaman dan networking yang baik sebelum terjun di dunia kerja. Artinya, pengalaman magang dan academic exchange lintas batas diharapkan dapat membantu peningkatan SDM.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran