Menyiapkan Slide

Mahasiswa Sebagai Agen Dari Suatu Perubahan Abrori / 25-Sep-2019 23:09:23

Mahasisswa UM Pontianak tercatat sejarah. Kali ini mengikuti gerakan moral pada isu-isu bangsa. Sekadar catatan bahwa gerakan seperti ini terakhir pada peristiwa tahun 1998. Gerakan ini adalah refleksi dari mekanisme yang tersumbat, ribuan mahasiswa UM Pontianak turun ke jalan guna menggelar demonstrasi menolak RUU KUHP dan RUU KPK. Mahasiswa  berpandangan bahwa kedua RUU tersebut akan  berdampak langsung ke pada masyarakat. Saat ini, mereka perlu didengarkan, apa aspirasinya karena mereka adalah agen perubahan. Para mahasiswa turun ke jalan untuk berdemo di gedung DPRD Kalimantan Barat, sebelum berdemontrasi mereka melakukan orasi secara bergantian di halaman gedung UM Pontianak. Setelah itu, mereka bergabung dengan para mahasiwa dari Untan, IAIN, dan IKIP PGRI guna menyuarakan aspirasinya kepada anggota dewan.    

Berbicara mahasiswa dapat dikatakan adalah sebuah komunitas unik di tengah-tengah masyarakat. Mereka belum terkontaminasi akan kepentingan suatu golongan tertentu. Wajar saja dikatakan sekolompok yang mempunyai idealisme yang diyakini murni dari pribadi seseorang dan tidak terpengaruh oleh faktor-faktor eksternal yang menggeser makna kebenaran.

Mahasiswa memiliki tempat tersendiri di lingkungan masyarakat, namun bukan berarti memisahkan diri dari masyarakat. Hal ini, terbukti dengan sensitifnya mahasiswa dengan isu-isu terkait keperpihakan pada masyarakat, termasuk dalam gerakan anti korupsi, pembelaan buruh, tani dan nelayan. Dalam hal ini, para mahasiswa menghimbau kepada masyarakat agar terus bergerak memberikan dukungan kepada KPK dalam memberantas korupsi di Indonesia.

Mahasiswa sebagai agen dari suatu perubahan dituntut untuk memberikan kontribusi pada masyarakat untuk bisa berubah ke arah lebih baik. Hal ini, dikarenakan mahasiswa dianggap memiliki intelek yang cukup bagus dan cara berpikir yang lebih matang, selain pintar dalam bidang akademis, mahasiswa juga harus pintar dalam bersosialisasi dan memiliki kepekaan dengan lingkungan. Mahasiswa diupayakan agar mampu mengkritik, memberi saran dan memberi solusi jika keadaan sosial bangsa tidak sesuai dengan cita-cita dan tujuan bangsa, memiliki kepekaan, kepedulian, kontribusi nyata terhadap masyarakat sekitar tentang kondisi yang teraktual.

Dengan hadirnya mahasiswa di tengah-tengah masyarakat sebagai penyambung lidah maka segala bentuk aspirasi antara masyarakat dan pemerintah dengan tujuan pembangunan dan kesejahteraan baik dalam jangka pendek, menengah, serta jangka panjang maka akan menjadi nilai tolak ukur terpenting demi kemajuan suatu bangsa dan negara.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran