Menyiapkan Slide

KKN-PPM UM Pontianak Bekerjasama dengan KemenristekdiktI dan Pemerintah Desa Sungai Bakau Kecil Abrori / 24-Sep-2019 22:09:39

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UM Pontianak beberapa saat yang lalu melaksanakan pengabdian pada masyarakat di Desa Malikian Kabupaten Mempawah dari tanggal 28 Juli  sampai 6 September 2019. Pengabdian ini merupakan Program KKN PPM  Kemenristekdikti Tahun 2019. Pada kegiatan ini LPPM UM Pontianak menerjukan sebanyak 20 mahasiswa dari 5 prodi, yaitu: Teknik Mesin, Informatika,  Kesehatan Masyarakat, Manajemen, dan Budidaya Perairan. KKN-PPM yang dilaksanakan di Desa Malikian ini mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Kampung Nelayan Pesisir Melalui Pendampingan Dan Pendekatan ICZM (Intregated Coastel Zone Management) Di Desa Sungai Bakau Kecil Kalimantan Barat” 

Adapun program yang dilaksanakan antara lain: pertama peningkatan Teknologi Pertanian dan ekonomi melalui program pelatihan pengolahan hasil alam bidang perikanan, pertanian dan perkebunan. Keberlanjutkan program dilakukan Pembentukan Gapoktan dan Kelompok UMKM. Selain itu untuk menunjang pemasara produk dilakukan promosi produk UMKM melalui media online. kedua pembuatan teknologi budidaya perikanan darat yaitu Aquaponik percontohan bersama kelompok perikanan. ketiga pembentukan dan Pembinaan kader Unit Kesehatan Kerja melalui program lokakarya mini, promosi kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Sosialisasi Kespro Remaja, Sarana Air Bersih, dan Sanitasi Lingkungan, Serta Pelatihan Kader Jumantik (Juru pemantau Jentik).

Adapun teknologi tepat guna yang diberikan kepada mitra di antaranya Aquaponik, Alat Pemanggang Ikan, Siller, Media Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS),  Penyaringan Air Percontohan, Website dan lain-lain.  Dedi Alamsyah, SKM, M.Kes (Epid) selaku ketua kegiatan KKN-PPM mengatakan bahwa “kegiatan ini tidak hanya  dilakukan dalam rangka melaksanakan mata kuliah universitas, tetapi kegiatan ini juga merupakan wadah bagi dosen dan mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat sekaligus mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dibangku perkuliahan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat, dan meningkatkaan derajat kesehatan. Setelah KKN-PPM ini selesai dilaksanakan IPTEK yang telah diberikan akan dilanjutkan oleh kelompok-kelompok yang telah dilatih sebelumnya, di antarnya Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR), Kelompok Gapoktan, Ibu-ibu UKM, Kader PHBS, Ibu PKK dan lain-lain” terangnya.

 Arifin Budin selaku Kepala Desa Sungai Bakau Kecil mengungkapkan bahwa kegiatan KKN-PPM yang dilakukan UM Pontianak ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Sungai Bakau Kecil. Masyarakat kini sudah memanfaatkan lahannya untuk Aquaponik sebagai membudidayakan ikan dengan teknik kolam terpal di halaman rumahnya. Selain itu, beberapa kelompok ibu-ibu sudah dapat mengolah hasil alam untuk dijadikan produk seperti Abon Jantung Pisang, Sosis Ikan Kembung, Manisan Kelapa dan Kue Kering Kelapa. Beliau berharap agar setiap tahunnya UM Pontianak melaksanakan kegiatan serupa di wilayahnya.

Edi Suryadi, SE, MM selaku Ketua LPPM UM Pontianak, Pengabdian Masyarakat “merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam upaya mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi hasil penelitian para dosen di bidang akademisi masing-masing. Hal ini, agar ilmu yang dimiliki dosen tersebut membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah/kesulitan yang ada". Jelasnya (Dedi Alamsyah)

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran