Menyiapkan Slide

Mahasiswa TI UM Pontianak mengikuti workshop Game Developer dengan Unity Abrori / 05-Sep-2019 16:09:44

Tantangan yang dihadapi perguruan tinggi pada era sekarang semakin kompetitif. Masyarakat sudah jeli ketika memilih sebuah perguruan tinggi. Mereka selalu bertanya akan akreditasasi, sarana dan prasarana. Tidak gampang sekarang menggaet mahasiswa dengan jargon-jargon tertentu. Mengingat saat ini yang dihadapi para generasi milinial atau lebih dikenal dengan anak-anak zaman now. Mereka sudah terbiasa dengan paket internet. Internet sekan-akan menjadi kebutuhan primer. Banyak yang menghabiskan waktu di depan smartphone dari pada melakukan aktifitas di luar ruangan. Sangat mudah mereka menemukan informasi tanpa harus membaca sebuah buku. Mereka mempunyai teman-teman banyak pada social media. Hidup di era digital memang dimanjakan dan seru. Era digital adalah masa, semua manusia dapat saling berkomunikasi sedemikian dekat walaupun berjauhan . kita dapat dengan mudah mengetahui informasi tertentu bahkan real time di belahan dunia manapun dalam jangka waktu tertentu.    

Untuk itu program studi Teknik Informatika mencoba menjawab tantangan akan hal tersebut, tidak hanya itu saja, sebagai tanggungjawab program studi membekali para mahasiswanya dengan keterampilan specifik. Salah satunya permainan digital. Kegiatan dikemas dalam kegiatan workshop. Adapun tema yang diangkat adalah  "Menjadi Game Developer dengan Unity" ini dilaksanakan agar dapat menjadi awal pengembangan wawasan mahasiswa mengenai dunia pengembangan game. Adapun tujuan workshop ini ditujukan sebagai langkah awal pengenalan wawasan mahasiswa atas dunia profesi pengembangan game digital. Peserta yang mengikuti kegiatan workshop tersebut sejumlah 16 orang, sedangkan dari unsur panitia ada 5 orang. Narasumber kegiatan adalah Haryanto ST.

Rachmat Wahid Saleh Insani, S.Kom.,M.Cs pengampu mata kuliah mengatakan bahwa  “Permainan digital menjadi produk Informasi dan Teknologi yang paling menguntungkan sejak mulainya era permainan konsol PlayStation yang sangat populer di seluruh dunia. Saat ini, permainan digital telah memasuki bentuk yang lebih sederhana dan portabel, yakni game mobile. Game Mobile adalah permainan digital yang dapat dimainkan oleh pemain di smartphone” pungkasnya

Lebih lanjut Ka.Lab Teknik Informatika ini mengatakan jika mahasiswa yang menekuni bidang Teknik Informatika sudah seharusnya tidak mengabaikan kesempatan ini, yakni menemukan potensi yang dibutuhkan untuk turut berpartisipasi dalam dunia game digital. Mahasiswa dituntut bukan berperan sebagai pemain, namun sebagai pengembang. Pengembangan game digital dapat dilakukan menggunakan software Unity. Software ini dapat memudahkan pengembang game untuk berfokus pada alur permainan ketimbang pada kode program.

Materi yang disampaikan antara lain: Mengenal Game Digital; Profesi Pengembang Game; Kebutuhan Pengembangan Game; Mengenal Unity; Tutorial menggunakan Unity. Harapannya semoga mahasiswa yang mengikuti workshop ini memperoleh semangat dan ketertarikan yang tinggi untuk menekuni bidang pengembangan game digital demi kemajuan produk digital di Kota Pontianak

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran