Menyiapkan Slide

Joint Summer Program, Dayaks: Enggaging Youth For Sustainable Indigenous Community Abrori / 01-Sep-2019 21:09:50

Joint Summer Program kali ini lebih bermakna bagi prodi psikologi. Hal ini karena Prodi Psikologi UM Pontianak berhasil mengikutkan dua orang mahasiswinya dalam kegiatan tersebut. Adapun mahasiswi Prodi Psikologi yang terpilih mengikuti acara ini yaitu Ristin Dewi Nolia dan Resi Raf Sanjani. Kegiatan ini diadakan dari tanggal 29 Juli sampai 9 Agustus  2019, yang diikuti oleh 28 peserta yang berasal dari Indonesia, Malaysia dan Taiwan dan melibatkan 3 Universitas di Kota Pontianak yaitu UM Pontianak, Universitas Tanjungpura dan Universitas Panca Bhakti. Adapun tema yang diangkat Dayaks: Enggaging Youth For Sustainable Indigenous Community. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat melakukan perbaikan lingkungan dan mengenalkan UM Pontianak, Universitas Tanjungpura dan Universitas Panca Bhakti (UPB) ke kancah internasional.

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan antara lain: belajar bahasa Jepang bersama, bonding night yang isinya para mahasiswa dan mahasiswi bermain game untuk saling mengenal satu sama lain. lalu para mahasiswa diberikan pembekalan tentang apa itu Indigineous people, longhouse, sahamp village dan pengetahuan terkait suku dayak. Adapun kegiatan dilaksanakan UM Pontianak dan UPB. Kemudian para peserta dari international melakukan city tour start in the morning ke tugu khatulistiwa, rumah radang, museum Kalimantan Barat, pergi ke alun-alun kapuas, dilanjutkan naik galaherang bersama ke keraton kadariah dan mengunjungi pusat perbelanjaan souvenir di PSP.

Selanjutnya para peserta diberi pembekalan terakhir di Aula tekhnik Untan sebelum mereka pergi ke kantor Bupati Ngabang untuk diberikan penyambutan awal, kemudian diberangkatkan ke sahamp village menggunakan bus UNTAN. Tidak hanya itu saja mereka mengikuti kegiatan menoreh getah, membuat model maket longhouse yang dibantu langsung oleh para mahasiswa jurusan arsitek dari Indonesia dan Malaysia.

Kegiatan selanjutnya mereka diberangkatkan ke Landak, tepatnya di keraton ngabang untuk menghadiri tumpang negeri. Tibalah pada hari-hari terakhir para mahasiswa mengikuti penutupan di Longhouse dan penyerahan kado untuk orang tua adat tempat para mahasiswa tinggal selama di sahamp. Mereka juga diminta untuk menulis report yang kemudian dilanjutkan dengan gala dinner dikediaman walikota Pontianak. Pada hari terakhir ini para mahasiswa disuruh melakukan presentasi hasil kegiatan yang telah dilakukan di sahamp village dan dilanjutkan dengan International Dayak Festival 2019 yang terdiri dari lomba memasak antar peserta Indonesia, Malaysia dan Taiwan.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran