Menyiapkan Slide

Rekayasa Sosial Solusi Persoalan Kesehatan Mayarakat Abrori / 19-Aug-2019 12:08:28

Kuliah di luar dengan melibatkan diri untuk mencari solusi persoalan kesehatan masyarakat itu mengasikkan. Hal itu, yang dilakukan oleh para mahasiswa peminatan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) Program kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak. Kebetulan persoalan yang diangkat adalah masalah Kesehatan Ibu dan Anak. Mereka mencoba memberikan solusi lewat film pendek. lewat mata kuliah rekayasa sosial, para mahasiswa mencoba menganalisa persoalan kesmas tersebut.  Rekayasa sosial (sosial engineering) adalah campur tangan gerakan ilmiah untuk mempengaruhi perubahan sosial. Rekayasa sosial merupakan sebuah jalan untuk mencapai perubahan sosial secara terancana. Kegiatan tersebut bertujuan demi tercapaianya kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah mengenalkan kepada mahasiswa terkait bagaimana cara penyelesaian masalah di masyarakat dengan pendekatan rekayasa. Peserta yang terlibat adalah semua mahasiswa peminatan PKIP. Kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak.

Abrori, M.Kes selaku dosen pengampu mata kuliah mengatakan bahwa “mata kuliah ini diawali dengan kajian teori terkait dengan analisa sosial, advokasi, dan rekayasa sosial kemudian implementasi dengan pendekatan film. Lebih lanjut adanya gagasan ke arah yang lebih baik dengan cara benar dan lebih realistis dapat mendorong keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dalam misi perubahan sosial tersebut. Hal inilah, yang menjadi objek kajian dari rekayasa sosial, campur tangan sebuah gerakan ilmiah dapat menggeser cara pandang masyarakaat ke arah yang lebih benar” terangnya

Para mahasiswa lebih menikmati proses perkuliahan di luar kelas, mereka dapat beraktualisasi dengan masyarakat sekitar termasuk aktifitas diskusi.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran