Menyiapkan Slide

Community Mobile Harm Reduction Management akses layanan HIV Abrori / 15-Aug-2019 23:08:45

Kalimantan Barat khususnya Kota Pontianak menjadi pririoritas dalam rangka pengurangan dampak buruk pada pengguna Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya (Napza). Hal ini, berdasarkan data Puslitdatin BNN Tahun 2017, telah ditemukan angka penyalahguna Napza di Kalimantan Barat sebanyak 56.424 orang. Sedangkan data estimasi Kementerian Kesehatan Tahun   2016 terdapat 1300 orang pengguna narkoba suntik di Provinsi Kalimantan Barat. Ternyata banyak juga angka penyalahgunaan Napza tersebut, sementara layanan yang tersedia belum komprehensif. Hal tersebut  menjadikan  pengguna Napza terkadang berpindah dari satu layanan ke layanan lain. Ini tentu akan mengulang proses administrasi yang berbeda di tiap layanan. Kegiatan ini dihadiri dari perwakilan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kota Pontianak, Lembaga Swadaya Masyarakat, akademisi, salah satunya dari UM Pontianak.  

Abrori, M.Kes selaku dosen pada Kesehatan masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak memandang penting kegiatan ini, mengingat persoalan HIV dan AIDS khususnya Napza perlu penanganan serius. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa “kegiatan ini merupakan partisipasi aktif dari Community Mobile Harm Reduction Management. Program ini dapat dikembangkan lebih lewat penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Program ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan akses layanan terkait pemeriksaan dan pengobatan HIV pada layanan kesehatan, sosial dan hukum bagi kelompok Pengguna Napza dengan menggunakan aplikasi smartphone. Aplikasi ini merupakan sarana penghubung antara Pengguna NAPZA (dan pasangan/keluarga pengguna) dengan penyedia layanan dasar sesuai dengan kebutuhan mereka. Aplikasi ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan menjadi penghubung dan mempermudah target populasi untuk mengakses layanan dasar” Pungkasnya

Harapannya dalam kegiatan tersebut terjalin komunikasi, koordinasi dan kerjasama dengan akademisi dan seluruh stakeholder dalam upaya meningkatkan daya ungkit pencegahan dan penanggulangan AIDS khususnya pada pengurangan dampak buruk pengguna Napza baik di Kota Pontianak maupun Kalimantan Barat pada umunya.


Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran