Menyiapkan Slide

Pemanfaatan Pangan Lokal Pendamping ASI di Rasau Jaya Abrori / 12-Jul-2019 22:07:26

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UM Pontianak bekerjasama dengan Pemerintah Desa Rasau Jaya Satu, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat tersebut dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2019. Pengabdian ini merupakan program pengembangan dari Desa Mitra Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kegiatan ini berupa edukasi pengolahan hasil alam menjadi Makanan Pendamping (MP) ASI bagi Balita.  Peserta pada kegiatan ini adalah kader posyandu se-Rasau Jaya Satu dan Ibu yang memiliki balita sebanyak 73 orang.

Menurut Ketua LPPM UM Pontianak, Edy Suryadi, MM  pengabdian masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa upaya mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi hasil penelitian para dosen di bidang akademis. Hal ini, agar membantu masyarakat memanfaatkan potensi yang ada untuk menyelesaikan masalah/kesulitan yang mereka alami. Pengabdian ini dilakukan berupa pelatihan pembuatan makanan pendamping ASI dengan memanfaatkan pangan lokal khas Rasau Jaya Satu. Adapun makanan tersebut yaitu jagung menjadi puding dan puding jagung regal. Selain itu, kader dan masyarakat juga dibekali modul pengolahan MP ASI. Modul tersebut berisi contoh-contoh pengolahan makanan pendamping ASI dengan memanfaatkan pangan lokal.

Dr. Linda Suwarni, M.Kes selaku ketua kegiatan PPDM ini mengatakan bahwa “kegiatan ini merupakan rangkaian  program pengembangan desa mitra di Desa Rasau Jaya Satu dari tahun 2018-2020 dengan bekerjasama dengan Pemerintah Desa, UKM, dan Puskesmas Rasau Jaya. Pada tahun 2019 ini selain, sosialisasi pengolahan pembuatan makanan pendamping asi, juga dilaksanakan Transfer Teknologi Tepat Guna (TTG) kepada UKM di antaranya Mesin Pengering Rengginang, Mesin Pengolahan Jagung menjadi emping, Spinner,  dan Siller duduk. Masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di antaranya sosialisasi rumah kemasan, pelatihan pengemasan produk-produk UKM Rasau Jaya dan Pelatihan pemasaran secara online, yang semuanya itu dilakukan dalam upaya mewujudkan Desa Rasau Jaya Satu Menjadi Desa Agrobisnis yang Mandiri dan berbasis Lokal, terimakasih kepada Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang turut mendukung dalam kegiatan pengabdian ini”, pungkasnya.

Kepala Puskesmas Rasau Jaya mengungkapkan rasa terimakasih kepada UM Pontianak yang telah melaksanakan kegiatan PPDM ini di wilayahnya. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Rasau Jaya Satu agar memanfaatkan hasil alam untuk menjadi makanan pendamping ASI yang bergizi bagi balita, selama ini belum pernah memanfaatkan pangan lokal (jagung manis) sebagai olahan menjadi MP ASI dan PMT balita dan anak. (Linda Suwarni )

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran