Peran Pendidikan Tinggi dalam Peningkatan Kualitas SDM Abrori / 11-Jul-2019 22:07:04

UM Pontianak kedatangan tamu istimewa, beliau Prof. Dr. H Abdul Malik Fadjar, M.Sc. adalah anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang menjabat sejak 19 Januari 2015. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional pada Kabinet Gotong Royong dan sekaligus Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kedatangan beliau ke UM Pontianak ini dalam rangka Kuliah umum. Adapun tema yang diangkat adalah “Perkembangan pendidikan tinggi dalam rangka memajukan kualitas Sumber Daya Manusia”. Kegigatan dilaksanakan di Aula UM Pontianak Jalan A Yani 111 Pontianak, hadir pada kegiatan tersebut seluruh civitas akademika UM Pontianak, simpatisan Muhammadiyah, Pengurus Wilayah Muhammadiyah, Ortom dan Amal Usaha Muhammadiyah Kalimantan Barat. Adapun tujuan kegiatan tersebut adalah silaturahmi, dan kuliah umum. Kegiatan ini cukup interaktif walaupun dengan waktu yang terbatas, mengingat beliau ada kegiatan di Singkawang.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Rektor UM Pontianak, selanjutnya sambutan oleh ketua PWM Kalimantan Barat. Kemudian pada acara inti yaitu paparan gagasan yang disampaikan oleh Bapak Malik Fajar. Beliau mengatakan bahwa saat ini “perguruan tinggi Muhammadiyah tersebut tersebar dari Aceh sampai Papua. Setidaknya keberadaan UM Pontianak harus melahirkan generasi yang berkualitas dan siap menyongsong era milinial. Dari UM Pontianak untuk Kalimantan Barat setidaknya seperti itu. Ini sungguh merupakan kekuatan tersendiri untuk memainkan peran dalam membangun peradaban umat. Melalui perguruan tinggi ini diharapkan akan semakin besar lapisan masyarakat yang mampu melaksanakan pekerjaan-pekerjaan berbasis profesionalisme dan lahirnya generasi yang memiliki kesadaran memperadabkan umat.” Jelasnya.

Lebih lanjut mantan Rektor UMM, menjelaskan bahwa gerakan Muhammadiyah membawa pesan pencerahan dari zaman ke zaman dan turut terlibat dalam proses pembangunan peradaban umat. Hal itu, dilakukan melalui upaya penerjemahan pengetahuan untuk membentuk karakter yang tepat dan menyiapkan pemimpin-pemimpin yang kompeten. Perkembangan pembangunan kampus harus terus dikonsolidasikan, menyangkut cita-cita kampus, mencoba terus berbuat lebih baik, selalu rendah hati dan ditambahkan melalui konsolidasi struktur mempunyai komitmen baik diri maupun komitmen hidup, Konsolidasi Sumber Daya Manusia (SDM) baik dalam Pendidikan, Kesehatan dan lain sebagainya. Tuturnya  

Membangun generasi yang baik, setidaknya akan melahirkan kepemimpinan, dan membangun peradaban. Semua itu, membutuhkan adanya pertumbuhan, perubahan, pembaharuan dan kesinambungan. Mulai dari seorang pemimpin unit, pejabat struktural, dosen dapat memberikan inspirasi bagi unit kerja dan lingkungannya. Yakni lewat cara memotivasi, bersikap ramah, tidak egois. Juga selalu menyebarkan virus-virus energi positif. Tak kalah penting, berinteraksi dengan lainnya, dengan memperhatikan budaya. Inspirasi inilah yang mesti ditumbuh kembangkan di lingkungan kampus UM Pontianak ini. Sama halnya pada keluarga kita. Kita semestinya menumbuhkan inspirasi. Inspirasi itu tumbuh di ruang kerja, ruang kelas, juga apa-apa yang kita jalani sehari-harinya.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran