Kemitraan Masyarakat UM Pontianak Pada UKM Parwa Mekar di Desa Pal IX. Abrori / 09-Jul-2019 17:07:41

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UM Pontianak beberapa saat yang lalu mengadakan pengabdian pada masyarakat pada Perkumpulan Wanita (Parwa) Mekar di Desa Pal IX. Kegiatan ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kemenristekdikti Tahun anggaran 2019. Pada kegiatan ini tema yang diangkat adalah “PKM Inovasi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan Pada Perkumpulan Wanita Parwa Mekar Suku Bugis Transmigran di Desa Pal IX”.

Edy Suryadi, SE, MM selaku ketua LPPM UM Pontianak dalam sambutannya mengatakan bahwa “kegiatan terdiri atas beberapa kegiatan di antaranya pelatihan pengolahan hasil perkebunan dengan menggunakan teknologi tepat guna, penyuluhan  higiene dan sanitasi makanan serta sosialisasi teknik pemasaran produk pada Perkumpulan Wanita (Parwa) Mekar Suku Bugis. Selain itu, juga diadakan penyerahan bantuan mesin perajang pisang, penggiling dodol, pemanggang kue, siller dana peralatan packing produk. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 20 orang masyarakat yang tergabung dalam Perkumpulan Wanita (Parwa Mekar) Suku Bugis Transmigran di Desa Pal IX”. Terangnya  

Waspodo, ST, MT selaku ketua kegiatan PKM mengatakan “bahwa kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) Di Desa PAL IX melibatkan 3 orang tenaga ahli dari UM Pontianak, dan melibatkan 4 orang mahasiswa dari Prodi Kesehatan Masyarakat, Manajemen dan Teknik Mesin.  Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas mitra selaku pengusaha olahan pisang  yang selama ini banyak mengalami kendala karena keterbatasan pengetahuan, alat dan mesin”. Terangnya

Sitti Munawarah, ketua Perkumpulan Wanita (Parwa) Mekar memaparkan bahwa terdapat kendala dalam pemarutan dan pemerasan pisang karena selama ini masih menggunakan alat yang manual, sehingga terasa sukar untuk memarut pisang dalam jumlah yang banyak keluhnya. “Dengan adanya bantuan berupa Perajang Pisang dan Pengaduk Dodol serta Pemanggang Kue Serba Guna jelas sangat terbantukan bagi keberlangsungan produksi kami”, paparnya.

Fatimah sebagai salah satu anggota Perkumpulan Wanita (Parwa) Mekar juga menyampaika bahwa dengan bantuan peralatan packing produk sangat membantu kami dalam membuat kemasan yang menarik untuk produk yang dihasilkan, sehingga menambah  nilai jual produk kami”.

Selain itu, Pelatihan Kewirausahaan, Pemasaran dan Keterampilan dalam mengolah hasil perkebunan juga sangat bermanfat untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mitra dalam produksi maupun pemasaran produk. “Kami sangat berterima kasih sekali kepada Universitas Muhammadiyah Pontianak, yang sudah memberikan bantuan berupa alat serta pelatihan bagi kelompok kami”,  ungkap Sitti Munawarah.

Dalam Monitoring dan evaluasi (monev) di Desa Pal IX kemarin, packing product telah dikemas dengan menarik, bahkan pemasaran produk sudah dapat diakses secara online. Hal ini, sangat bermanfaat dalam memperluas pemasaran produk.

Helman Fachri dan Rochmawati yang tergabung dalam kelompok PKM ini berharap agar IPTEK yang telah ditransfer kepada mitra dapat dikembangkan dan dicontoh oleh industry rumah tangga lain sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi serta memperluas pemasaran produk yang dihasilkan. (Waspodo, ST., MT)

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran