Wasathiyyatul Islam Konsep dan Aplikasi dalam Kehidupan Bermasyarakat Abrori / 21-May-2019 13:05:39

Pada bulan puasa agenda rutinitas UM Pontianak adalah buka puasa bersama antara civitas akademika dengan warga dan simpatisan Muhammadiyah. Acara dilaksanakan di Aula UM Pontianak. pada kegiatan tersebut mendatangkan pembicara  Dr. H. Anwar Abbas, M.M, M.Ag. Beliau adalah dosen Ekonomi Islam di Fakultas Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Adapun karier beliau pernah menjabat Wakil Rektor II dan IV IKIP  Muhammadiyah Jakarta yang sekarang bernama Uhamka. Anwar juga dipercaya menduduki jabatan sebagai Direktur Sumber Daya Manusia Rumah Sakit Islam Pondok Kopi,Jakarta Timur. Dan sekarang adalah pengurus PP Muhammadiyah dan Majelis Ulama Indonesia. dalam ceramahnya tema yang diangkat adalah “Wasathiyyatul Islam Konsep dan Aplikasi dalam Kehidupan Berbangsa dan Bermasyarakat”.

Dalam kesempatan tersebut ketua PWM Kalimantan Barat menyampaikan rasa terimakasih pada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Sementara bapak Anwar Abbas, dalam paparannya mengatakan bahwa “wawsan WasathiyyatulIslamadalah wawasan yang menjunjung kebenaran dan keadilan sesuai dengan dakwah Amar ma`ruf nahi munkar. Adil sesuai dengan peraturan yang dibuat oleh Allah SWT itulah yang disebut adil yang sebenar-benarnya” terangnya

Sebagai gerakan Islam modern, Muhammadiyah mencita-citakan model keIslaman yang tidak berpihak pada kutub ekstrim, baik kanan maupun kiri. Seperti paham yang berkembang dewasa ini, bahwa pemikiran Islam khususnya di Indonesia menampilkan variasi beragam, tidak jarang bersitegang. Kenyataan ini menyebabkan Muhammadiyah kaya akan perspektif dan wawasan yang terkadang sulit diseragamkan. Sebagai sebuah pemikiran, dinamika ini menunjukkan sebuah progres yang patut diapresiasi. Namun demikian, jati diri Muhammadiyah perlu dipahami secara baik agar warga persyarikatan bergerak tidak terlalu ketat atau sebaliknya terlalu jauh dan liar.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran