Menyiapkan Slide

Generasi Milenial yang Sadar Tanggap Bencana Abrori / 25-Apr-2019 21:04:57

KSR UM Pontianak beberapa hari yang lalu mengadakan seminar. Acara dibuka oleh wakil rektor 3 serta dihadiri beberapa dosen, juga dihadiri 200 mahasiswa baik dari lingkungan UM Pontianak maupun dari perguruan tinggi di lingkungan Pontianak. Kegiatan dilaksanakan di aula UM Pontianak jalan A Yani 111 Pontianak dengan mengangkat tema “seminar siaga bencana-generasi milenial yang sadar tanggap bencana”.

Dalam sambutannya Dr. Mawardi mengatakan “Perkembangan internet yang pesat di negeri ini, merupakan fakta positif yang seharusnya bisa mengakomodir berbagai macam permasalahan terjadi, termasuk masalah edukasi terkait bencana alam yang kerap kali melanda negeri ini. Mengingat kecenderungan generasi ini yang dekat dengan teknologi, tingkat keaktifan di dunia maya dan bermedia sosial yang tinggi, hingga tanggap dan kritis terhadap informasi yang diperolehnya, merupakan sedikit dari nilai positif generasi ini yang apabila dikelola dengan baik bisa menjadi solusi membentuk masyarakat sadar bencana yang selama ini sulit dilakukan”. Terangnya  

dr. Saptiko M. Med. PH dari BPBD salah satu pembicara dalam seminar tersebut mengatakan “Bencana adalah peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau non-alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis”  

Sementara  Lidia Nurvitha KSR PMI mengatakan dalam kewaspadaan bencana perlu mengetahui antara lain “Hazards adalah ancaman/bahaya yang ditimbulkan oleh phenomena alam yang luar biasa yang berpotensi merusak atau mengancam kehidupan manusia, menyebabkan kehilangan harta-benda, mata pencaharian, dan/atau kerusakan lingkungan. Misal: tanah longsor, banjir, kebakaran dan lain-lain; Vulnerability (kerentanan)adalah keadaan atau kondisi yang mengurangi kemampuan masyarakat untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi bahaya atau ancaman bencana; Disasters (bencana) adalah kerusakan yang serius akibat phenomena alam yang luar biasa dan/atau yang disebabkan oleh ulah manusia yang menyebabkan timbulnya korban jiwa, kerugian material dan kerusakan lingkungan yang dampaknya melampaui kemampuan masyarakat setempat untuk mengatasinya, sehingga  membutuhkan bantuan dari luar” terangnya

Informasi akan bencana apabila dikelola dengan baik, potensi keberhasilan yang dicapai bisa jauh lebih cepat. Karena seperti disebutkan sebelumnya, generasi ini memiliki kelebihan dalam penggunaan teknologi serta berbagai media informasi yang kecepatan menyalurkan informasinya sangat jauh dibandingkan cara-cara konvensional yang selama ini sering dilakukan oleh lembaga-lembaga terkait kebencanaan.

Lebih dari itu, dalam beberapa waktu ke depan, tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini pun mau tidak mau akan beralih ke tangan mereka, sehingga sudah selayaknya kita mulai memberikan peran lebih kepada generasi ini, yang memang memiliki kelebihan dalam hal penyampaian informasi kepada publik.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran