Menyiapkan Slide

Diklatsar XII KSR PMI Unit Um Pontianak 2019 Abrori / 03-Apr-2019 16:04:06

Menyikapi pentingnya regenerasi pengurus baru Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit UM Pontianak angkatan ke XII mengadakan Pendidikan dan Latihan Dasar KSR (Diklatsar). Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja unit KSR Penerimaan Anggota Baru (PAB) yang diberikan nama Diklatsar. Kegiatan PAB ini diikuti sejumlah 20 orang anggota baru dari berbagai lintas program studi yang ada di lingkungan UM Pontianak. Mereka  berasal dari prodi Kesehatan Masyarakat, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Hukum dan Psikologi tahun 2019 ini.

Diawali dengan upacara pembukaan sekaligus pelepasan peserta berupa penyematan secara simbolis slayer kepada peserta oleh “Nur Sri Utami” Ketua Umum KSR PMI Unit UM Pontianak di Auditorium Universitas Muhammadiyah Pontianak untuk berangkat menuju lokasi untuk menjalani kegiatan Diklatsar ke XII selama 3 hari yang bertempatkan di Pantai Samudra Indah Kabupaten Bengkayang.

Setelah sesampainya di lokasi panitia penyelenggara selaku koordinator lapangan Mila dan Nurul Indah Khoirunnisak bersigap untuk mengarahkan peserta untuk membangun tenda pleton PMI guna tempat hunian selama kegiatan peserta. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembangunan tenda keluarga untuk base camp panitia. Selanjutnya pada hari kedua kegiatan yang dilakukan oleh peserta adalah me-riview materi dasar kepalangmerahan yang telah diberikan pada saat pembekalan di 5 minggu diklat lapangan dalam 5 kali pertemuan, setiap minggunya peserta diberikan materi teori, praktek lapangan serta simulasi mengenai: Pertolongan Pertama, Anatomi dan Faal, Penilaian Korban, Perdarahan Syok, Cidera Jaringan Lunak, Praktek Pemindahan Korban Banyak, Sejarah Palang Merah dan masih materi lainnya. Pada hari terakhir kegiatan diisi dengan outbond dan pelantikan secara simbolis dari dewan pengarah oleh senior angkatan IV dan IX “Agung Tri Wibowo” dan Edi yang hadir mensukseskan acara tersebut.

Diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa yang resmi menjadi anggota baru mampu menjadi Roll Model di lingkungan kampus dan menjadi relawan masa kini yang siap mengemban tugas kemanusiaan PMI di lingkungan masyarakat.

Sesuai UU Kepalangmerahan Nomor 1 pasal 15 menyatakan bahwa Lambang Palang Merah sebagai Tanda Pengenal pada masa damai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 dapat digunakan oleh unit kesehatan non-PMI dalam fungsinya untuk pertolongan pertama secara temporer setelah mendapatkan persetujuan tertulis dari pengurus pusat PMI.

Mahasiswa merupakan peserta kegiatan menunjukan kemampuan mereka dalam simulasi kegiatan sebelumnya. Adanya diklatsar ini, peserta secara tidak langsung mendapatkan pengetahuan berupa informasi dan praktek kepalangmerahan secara menyeluruh. Hal ini, juga menunjukkan bahwa peserta yang ikut kegiatan kepalangmerahan ini dapat menambah point plus pengalaman pribadi tentunya, yang mungkin tidak mereka dapatkan pada bangku kuliah. Untuk menjadi relawan muda millennial dibutuhkan semangat yang kuat. Sehingga kedepannya dapat berdaya guna untuk masyarakat dan negara.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran