Menyiapkan Slide

UM Pontianak dan BKKBN sosialisasikan kebijakan kependudukan tahun 2019 Abrori / 09-Mar-2019 00:03:15

Geliat kampus pasca-liburan mulai keliatan. Berbagai kegiatan dilaksanakan baik kegiatan dosen, maupun organisasi kemahasiswaan lainnya mulai bergeliat. Salah satunya kegiatan Sosialisasi Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)tingkat Provinsi Kalimantan Barat dilakukan atas kerjasama antara UM Pontianak dengan BKKBN. Kegiatan ini dilaksanakan di aula lantai III Kampus UM Pontianak. Adapun narasumber kegiatan tersebut adalah Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat Bapak Drs. Kusuma. Kegiatan ini diikuti oleh para mahasiswa semester dua Program Studi Kesehatan Masyarakat dan beberapa dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak.  kegiatan dengan ini mengangkat tema “kebijakan kependudukan tahun 2019”  

Dalam paparannya kepala perwakilan BKKBN menyampaikan tema “Update Kebijakan Program KKBPK di Provinsi Kalimantan Barat” yang antara lain terkait; kebijakan untuk menjadi keluarga yang berkualitas, dikatakan bahwa keluarga Indonesia harus mengikuti program Keluarga Berencana (KB) yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Pasalnya, ledakan pertumbuhan penduduk sangat berpotensi menyebabkan gejolak sosial dalam masyarakat. “Penduduk adalah sentra pembangunan, jika tidak dikendalikan berpotensi menimbulkan gejolak sosial, maka dari itu harus ikut KB.

Termasuk diinformasikan terkait dengan memberikan pemahaman pada para mahasiswa terkait Bonus demografi. Bonus demografi adalah keuntungan dari melimpahnya tenaga muda yang jumlahnya besar sebagai hasil dari penurunan tingkat fertilitas dan mortalitas yang tinggi di suatu negara, provinsi, atau kabupaten/kota yang mendorong kenaikan jumlah penduduk usia produktif. Era bonus demografi merupakan suatu periode terjadinya ledakan penduduk usia produktif yang bisa menopang penduduk usia non-produktif, biasanya berlangsung 20-30 tahun. Pada era ini, fertilitas menurun dan rendah (jumlah anak mulai menurun), jumlah penduduk di bawah usia 15 tahun relatif rendah, jumlah penduduk di atas usia 65 tahun belum tinggi, dan angka ketergantungan mulai menurun pada posisi di bawah angka 50. Sementara Bonus Demografi di Kalimantan Barat yang diperkirakan terjadi pada periode tahun 2020 -2035.

Beliau juga menyampaikan terkait dengan dukungan operasional integrasi program KKBPK dan program pembangunan lainnya di Kampung KB. Kegiatan kampung kampung KB diberikan untuk setiap kecamatan. Apabila dalam 1 (satu) Kecamatan terdapat lebih dari 1 (satu) kampung KB maka dana operasional tersebut digunakan secara bersama-sama termasuk untuk penanganan stunting, setidaknya program tersebut ada di 159 kabupaten/kota yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, termasuk di Kalimantan Barat.

Selain itu juga dipaparkan terkait persoalan yang sering dialami remaja dari seks pra nikah, pernikahan dini, Pornografi, Narkoba, IMS termasuk HIV dan AIDS . dalam kesempatan tersebut disampaikan juga Program Untuk memfasilitasi Remaja Untuk terwujudnya TEGAR Remaja adalah genre. GenRe adalah wujud semangat generasi muda untuk dapat hidup tidak hanya sehat secara fisik, tetapi mental dan sosial.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran