Dosen UM Pontianak Pelatihan IELTS Bersama UPM Abrori / 01-Mar-2019 11:03:15

Kebutuhan akan peningkatan kompetensi dosen adalah sebuah keharusan bagi perguruan tinggi. Mereka harus meningkatkan kompetensinya sebagai tuntutan perkembangan zaman. Salah satu cara peningkatan kompetensi adalah dengan melanjutkan studi lanjut baik dalam maupun luar negeri. Namun disadari bahwa kendala terbesar tenaga dosen untuk bisa melanjutkan pendidikan adalah aspek penguasaan bahasa, terutama bahasa Inggris, para tenaga dosen. Oleh itu dirasa perlu memberikan pelatihan-pelatihan bahasa Inggris kepada tenaga pendidik tersebut agar kemampuannya meningkat. Guna menjawab tantangan tersebut UM Pontianak melakukan kerjasama dengan Universitas Putra Malaysia (UPM). Kerjasama tersebut diaplikasikan dengan melakukan pelatihan International English Language Testing System (IELTS) bagi para dosen di lingkungan UM Pontianak. Tujuan dari kegiatan ini adalah membekali dan menyiapkan para dosen di lingkungan UM Pontianak ke jenjang pendidikan S3. Kegiatan dilaksanakan di Muhammadiyah University-Center for Language Learning atau yang lebih dikenal pada kalangan dosen, karyawan dan mahasiswa adalah MU-CeLL. Adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini sejumlah 20 peserta yang terdiri dari berbagai dosen prodi di lingkungan UM Pontianak. kegiatan ini dimulai dari tanggal 25 Februari sampai 6 bulan ke depan. Pelatihan ini dimentoring oleh Othman Bin Abdul Kareem dan Hazeladria Bin Jasiran Awang dari UPM.         

Rektor UM Pontianak dalam sambutannya mengatakan “dengan mengikuti pelatihan ini harapannya kesempatan dan peluang beasiswa bagi Tenaga Pendidik sangat terbuka lebar, tentu akan meningkat mutu perguruan tinggi tersebut. Karena UM Pontianak mendatangkan orang yang tepat dari UPM guna melatih para dosen dalam aspek kebahasaan. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah ditandatangani beberapa saat yang lalu. Adapun program yang ditawarkan dalam MoU tersebut antara lain studi lanjut, pelatihan singkat, penelitian, pengabdian dan lain lain” Jelasnya.

Urfi Ruhama’ M.Pd.Bi selaku Ketua Kantor Urusan Internasional UM Pontianak mengatakan “pelatihan ini merupakan salah satu implementasi dari kerjasama UM pontianak dan UPM. program ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi para dosen. Dimulai dari pembukaan program dan penyeleksian langsung dari pimpinan universitas. Program ini dilaksanakan dalam beberapa sesi selama beberapa bulan kedepan. Dimulai dari sesi tatap muka, tugas, on line dan tes pada bulan Mei nanti. Saya berharap pelatihan ini berjalan lancar, peserta enjoy dalam menerima materi karena instrukturnya juga menarik dan sangat expert dalam bidangnya”

Otik Widyastutik, SKM.,MA peserta pelatihan mengatakan bahwa “program pelatihan ini sangat membantu untuk meningkatkan skor IELTS. Tidak hanya itu saja mentornya bagus, cukup expert di bidangnya, banyak trik-trik dalam menjawab saat tes IELTS, dan ramah.  Harapannya dengan mengikuti pelatihan ini skor IELTS 8”. Tuturnya.

Saat ini perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri rata-rata mempersyaratkan kemampuan bahasa Inggris yang cukup tinggi terhadap calon mahasiswa yang hendak belajar ke Perguruan Tingginya. Lembaga pemberi beasiswa juga memperkuat persyaratan ini, termasuk lembaga pemberi beasiswa Departemen Keuangan RI, dalam hal ini LPDP.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran