Menyiapkan Slide

Mahasiswa dan Dosen Psikologi UM Pontianak Pelatihan Psychological First Aid For Parent Abrori / 18-Feb-2019 14:02:14

Prodi Psikologi UM Pontianak mulai menunjukkan kiprahnya dengan mengikutsertakan mahasiswa dan para dosen prodi psikologi UM Pontianak dalam kegiatan Talkshow dengan tema “ Psychological First Aid For Parent”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Psikologi (HIMPSI) Wilayah Kalimantan Barat. Acara ini dibuka untuk umum dan mahasiswa Kalimantan Barat. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 16 Februari 2019 bertempat di IAIN Pontianak. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan konsep “ Psychological First Aid For Parent” secara umum kepada masyarakat.

Pemateri dalam kegiatan ini bernama Ibu Gones Saptowati, S.Psi.,MA Psikolog yang bekerja sebagai psikolog di RSUD Banjarnegara dan praktisi PFA. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk talkshow dimana materi yang disampaikan terkait pengenalan PFA For Parent  (pertolongan pertama pada anggota keluarga) dan juga tentang prinsip pelaksanaan PFA meliputi look (amati), Listen (pendengar aktif), Link (Menghubungkan anggota keluarga kepada profesional yang kompeten sesuai kebutuhannya). Pada saat penyampaian materi juga dikatakan bahwa PFA For Parent penting dilakukan sebagai bentuk dukungan sosial terhadap keluarga dan melindungi anggota keluarga dari bahaya fisik maupun psikis.

Nur Kur’ani dosen psikologi pendidikan mengatakan pada kegiatan PFA For Parent peserta diberikan tugas diskusi kelompok tentang kasus dan pemecahan masalahnya berdasarkan metode PFA for parent kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil diskusi tersebut oleh peserta. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi seluruh peserta PFA For parent terutama bagi mahasiswa prodi psikologi yang nantinya akan menerapkannya di lingkungan masyarakat.

Sementara Rahma Susanti salah satu peserta kegiatan PFA mengatakan bahwa kegiatan ini “sangat membuka wawasan baru tentang metode pendampingan dan penanganan pertama terhadap gangguan-gangguan psikologis. PFA bisa digunakan dalam kegiatan assessment pasca bencana terhadap penangan-penanganan psikologis awal terhadap keluarga, atau bahkan orang di sekitar yang membutuhkan. Metode ini dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat”. Ungkapnya  

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran