Menyiapkan Slide

Sosialisasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat intern UM Pontianak Abrori / 12-Feb-2019 09:02:38

UM Pontianak dalam upaya mewujudkan visi dan misi, peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian memerlukan dukungan serta partisipasi dari seluruh civitas akademika. Kinerja penelitian, pengabdian akan memacu pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (ipteks) menjadi sumber energi bagi proses pembelajaran serta pemberdayaan masyarakat Kalimantan Barat. Peningkatan kualitas, kuantitas dan kemanfaatan secara berkelanjutan dalam semangat menegakkan nilai-nilai kebenaran ilmiah atas landasan prinsip kebebasan akademik. Pada tataran ini proses pengembangan kinerja penelitian dan pengabdian di perguruan tinggi akan menghasilkan himpunan yang cukup terjaga integritasnya.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah mendorong dan memfasilitasi pengembangan potensi para dosen di lingkungan UM Pontianak yang konsisten dan kompeten di bidangnya; kedua meningkatkan atmosfir penelitian  dan pengabdian di UM Pontianak sebagai basis dari proses pembelajaran serta pengabdian kepada masyarakat; ketiga menumbuh-kembangkan budaya kerja sama antardosen peneliti dan pengabdi di UM Pontianak. 

Edy suryadi, SE.,MM dalam paparannya mengatakan bahwa “dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sepenuhnya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja UM Pontianak. Program  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat masih perlu ditingkatkan untuk menjawab persoalan-persoalan masyarakat. Oleh karena itu, upaya-upaya kreatif dosen sangat diperlukan dengan menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah maupun swasta, baik di dalam maupun di luar negeri”. Ungkapnya

Sedangkan Raudhatul Fadhilah, SPd,Msi menyampaikan terkait dengan review hasil penelitian tahun 2018. Lebih lanjut dalam hibah bantuan penelitian dan pengabdian ini mengacu pada 7 kluster penelitian dan pengabdian yang ada yaitu (1) kluster  Perikanan dan Ilmu Kelautan, (2) kluster Kesehatan Masyarakat, (3) kluster Sains dan Teknik mesin, (4) kluster Ekonomi Manajemen, (5) kluster Sosial dan Humaniora, (6) Kluster Teknologi Informasi dan Komunikasi, (7) Kluster Pertahanan dan Keamanan, dengan Fokus Penelitian antara lain; Peningkatan Proses dan Pengembangan Media Pembelajaran; Peningkatan status kesehatan masyarakat; Pengembangan budidaya ikan lokal; Pengembangan Energi Alternatif dan Ramah Lingkungan; Mengembangkan dan Meningkatkan Kualitas SDM dan Mahasiswa UM Pontianak, serta Prioritas Penelitian Mendapatkan HKI; dan Roadmap Penelitian (Renstra UM Pontianak) Mengenai: Kesejahteraan Masyarakat Wilayah Pesisir dan Daerah Aliran Sungai Kalimantan Barat.

Program penelitian dan pengabdian ini sebagai wujud komitmen dari LPPM UM Pontianak untuk memacu semangat dari para peneliti dan pengabdi agar semakin memantapkan diri menuju ilmuwan berkelas Nasional dan Internasional.  Program ini juga dimaksudkan sebagai pemantik para peneliti dan pengabdi LPPM UM Pontianak untuk berkarya sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuninya.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran