Menyiapkan Slide

335 Judul Proposal PKM UM Pontianak diusulkan ke Kemenristekdikti Abrori / 31-Jan-2019 15:01:51

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti). Program ini adalah bentuk dari fasilitasi akan potensi mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya pada perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif  Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang berganti menjadi PKM tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-AI). Namun sekarang sudah bertambah menjadi 8 yaitu PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan pada Tahun 2019 terdapat Jenis PKM baru yaitu PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional.

Dr. Mawardi menyatakan bahwa PKM merupakan suatu ajang pemaparan pemikiran, ide, gagasan kreativitas kelompok mahasiswa yang dapat dituangkan di dalam suatu tulisan (Proposal Usulan) yang nantinya akan diNilai Oleh Reviwer Pusat (Nasional) Layak atau tidak untuk Lolos didanai. "Salah satu Program yang diberikan kepada mahasiswa oleh Kemenristekdikti yaitu PKM. PKM di UM Pontianak merupakan salah satu kegiatan kemahasiswaan diunit Pusat Pengembangan Karir Mahasiswa Dan Alumni (PPKMA). Pengusulan PKM oleh mahasiswa UM Pontianak meningkat menjadi 80% dari Tahun sebelumnya ," ujarnya.

Ketua PPKMA UM Pontianak Ibu Selviana, SKM, MPH mengutarakan bahwa  pada tahun ini UM Pontianak masuk dalam Klaster 2 pengajuan PKM. Jumlah proposal yang diperbolehkan mengajukan sebanyak 425 Judul (Proposal). Pada tahun ini Jumlah pengiriman meningkat mencapai kurang lebih  80% dari tahun sebelumnya, pada tahun sebelumnya mahasiswa hanya mampu mengusulkan sebanyak 256 Judul proposal namun pada tahun ini meningkat mencapai 335 Judul Proposal,

Septian Triadi Syahputra, Staff  PPKMA UM Pontianak juga menambahkan bahwa pada Tahun 2018 Universitas Muhammadiyah Pontianak meloloskan 7 Proposal terbaik yang didanai oleh Kemenristekdikti. Ini merupakan pencapaian terbaik yang pernah didapatkan oleh Universitas Muhammadiyah Pontianak. Terlebih lagi 7 proposal yang lolos dan didanai ini merupakan terbanyak untuk Perguruan Tinggi Swasta Se-Kalimantan. Suatu pencapaian yang sangat luar biasa di dapatkan oleh Universitas Muhammadiyah Pontianak pada Tahun 2018.

"Kami di bagian PPKMA UM Pontianak sebelum dibukanya Pengumuman Penerimaan PKM ini sudah bergerak jauh hari. 5 Bulan sebelum Pengumuman kami mengadakan PKM Internal khusus mahasiswa aktif UM Pontianak yang didanai oleh UM Pontianak sendiri sehingga ketika pengumuman itu keluar kami sudah siap. 1 Bulan sebelum penutupan kami juga  melaksanakan Pelatihan Penulisan Proposal di Setiap Program Studi dengan tujuan bukan hanya dari segi Kuantitasnya saja (Jumlah Judul) kita unggul namun dari segi Kualitas (Mutu Proposal) itu sendiri juga jauh lebih baik ," ungkap Septian.

Prestasi ini perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi, septian juga berharap jumlah mahasiswa yang mengusulkan atau mengupload proposal jauh lebih banyak hingga mencapai 100% atau memenuhi keseluruhan kuota yang diberikan. Hal ini, tentunya akan berdampak pada jumlah proposal yang lolos didanai. Kemudian prestasi yang didapatkan ini tentunya dapat membawa nama baik UM Pontianak baik di daerah Kalimantan bahkan pada Tingkat Nasional.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran