Menyiapkan Slide

Visiting Professor: Strategi dan pengembangan Universitas bertaraf Internasional Abrori / 31-Jan-2019 13:01:35

Saat ini perguruan tinggi memacu lembaganya untuk meningkatkan kualitas baik sarana, prasarana maupun sumberdaya manusianya. Upaya tersebut sebagai jawaban atas perkembangan zaman saat ini. Berbagai cara dilakukan dalam bingkai tri darma perguruan  tinggi: pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Tiga aspek tersebut adalah bagian dari indicator sebuah perguruan tinggi. Dalam rangka hal tersebut UM Pontianak melakukan Kegiatan kaji banding, nota kesepahaman, termasuk visiting professor. Hal ini sesuai dengan visi UM Pontianak yaitu “Menjadi universitas yang unggul dalam pengembangan iptek, seni dan sumber daya manusia untuk pemberdayaan masyarakat berdasarkan nilai-nilai ke-Islaman”. Adapaun tujuan kegiatan ini adalah memantapkan strategi pengelolaan dan pengembangaan  perguruan tinggi menuju universitas bertaraf internasional. Narasumber kegiatan ini adalah Prof. Datuk Mohd Yusof Kasim. Beliau adalah deputy director general of the department of higher education ministry of education Malaysia. Peserta yang hadir adalah semua dosen yang ada di lingkungan  UM Pontianak. Sedangkan pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di aula lantai 3 UM Pontianak.

Dalam sambutannya rektor UM Pontianak mengatakan bahwa “kegiatan ini semata membuka wacana dan meyerap pengalaman Prof. Datuk Mohd Yusof Kasim sebagai dosen, peneliti, dan saat ini sebagai deputy director general of the department of higher education ministry of education Malaysia. Tentu keilmuan dan pengalamannya yang kaya”

Sementara Prof. Datuk Mohd Yusof Kasim lebih menitikberatkan pada aspek strategi pengembangan pendidikan, networking, role dan peranan manajemen pengelolaan pendidikan. Lebih lanjut beliau memaparkan terkait pengalaman, manajemen penelitian, pembangan perguruan perguruan tinggi, sebagai dosen di Universitas Kebangsaan Malaysia. Sebagai mantan rector pada perguruan tinggi swasta di Malaysia, beliau menambahkan bagaimana sebuah perguruan tinggi mempunyai strategi, structure, system, style, staff, skill dan share value. Perguruan tinggi setidaknya mempunyai sumberdaya yang berkualitas dengan kepakarannya yang dikenal masyarakat luas. Setidaknya dengan hal tersebut kualitas pendidikan sebuah perguruan tinggi akan terlihat”. Jelasnya

Strategi pengelolaan perguruan tinggi menjadi role. Ini digunakan untuk membangun kerjasama dengan industry, stakeholder, alumni dan dosen. Setelah itu fokuslah pada aspek pengembangan menuju universitas bertaraf internasional.    

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran