Menyiapkan Slide

Magang bagian proses pendidikan Sarjana Kesehatan Masyarakat Abrori / 23-Jan-2019 13:01:11

Program magang institusi adalah kegiatan terstruktur yang ada pada Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak. Aktifitas ini berupa praktek kerja mahasiswa program sarjana (S1) kesehatan masyarakat pada instansi terkait dengan bidang kesehatan baik sektor swasta, pemerintah maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Program ini untuk semua peminatan dari mulai Kesehatan Lingkungan, Pendidikan kesehatan dan ilmu perilaku (PKIP), Epidemiologi, Gizi Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Reproduksi dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Acara ini mengundang para perwakilan kantor yang akan digunakan sebagai tempat magang mahasiswa.

Setidaknya dengan melakukan praktek magang, pendidikan tinggi diharapkan mampu menghasilkan sarjana yang akan mengisi posisi manajerial menengah sampai puncak dengan bekal pengetahuan dan kemampuan yang diperolehnya selama proses perkuliahan. Melihat Kenyataan di lapangan seringkali menunjukan bahwa lulusan perguruan tinggi (fresh graduate) belum mampu secara optimal mengaplikasikan pengetahuan yang diadopsinya ke dalam dunia kerja. Hal itu, dikarenakan adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh dengan kenyataan di lapangan yang lebih kompleks terutama dalam manajemen di bidang kesehatan di rumah sakit, dinas kesehatan, puskesmas maupun program di LSM yang merupakan suatu institusi dengan sumber daya yang padat ilmu, padat teknologi dan padat karya. Adapun tujuan dari kegiatan magang institusi adalah memberikan kemampuan kepada mahasiswa melalui kesepadanan pengetahuan yang diperoleh dengan fenomena yang ada di institusi yang relevan dengan bidang kesehatan.

Adapun manfaat yang akan diperoleh antara lain; membantu penyelesaian tugas-tugas kantor untuk kebutuhan di unit kerja masing-masing, mendapat alternative calon tenaga kerja yang telah dikenal mutu dan kredibilitasnya. Sedangkan bagi mahasiswa mendapatkan keterampilan di bidang manajemen dan teknis kesehatan masyarakat, mendapatkan pengalaman menggunakan metode analisis masalah yang tepat terhadap pemecahan masalah kesehatan masyarakat dan memperoleh bahan untuk penulisan skripsi

Magang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pendidikan pada program Sarjana Kesehatan Masyarakat. Kegiatan ini adalah kegiatan belajar di lapangan yang dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada para mahasiswa dalam menggunakan aplikasi teori ke dalam praktek lapangan.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran