Menyiapkan Slide

Evaluasi dan Resolusi Pendidikan Melalui Lesson Study di Era Revolusi 4.0 Abrori / 19-Jan-2019 00:01:37

UM Pontianak saat ini sedang giat mengadakan kegiatan lesson study. Kegiatan ini merupakan model pelatihan, pembinaan bagi profesional pendidik melalui studi pendahuluan pembelajaran. Titik utamanya adalah kolaboratif dan terus-menerus berdasarkan azas kolegialitas dan salin belajar guna membangun komunitas belajar. Lesson study menerapkan metode belajar sesuai dengan situasi, kondisi dan permasalahan yang dihadapi oleh seorang dosen. Satu hal yang tidak kalah penting dalam aspek lesson study adalah perhatian dosen pada para mahasiswa yang terkait dengan suasana hati, semisal dosen memperhatikan hasil belajar mahasiswa, dan perkembangan pada proses pembelajaran. Aktivitas ini sangat memperhatikan aspek penalaran, rasa dan sikap tentunya.

Mengingat pentingnya hal tersebut Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Pontianak mengadakan kuliah umum terkait Evaluasi dan Resolusi Pendidikan Melalui Lesson Study di Era Revolusi 4.0. Kegiatan ini mencoba menjawab hal tersebut di atas juga mempersiapkan generasi yang akan datang. Kegiatan ini disampaikan oleh Bapak Arif Hidayat, M.Si, PhD.Ed. Beliau adalah staf pengajar di Department Fisika Universitas Pendidikan Indonesia dan koordinator Indonesia Consortium Learning Improvement (ICLI). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2019. Acara dikemas dalam kegiatan kuliah umum. Pada Kuliah umum ini hadir peserta dari Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG-PAUD), Pendidikan Kimia, dan Pendidikan Biologi. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjawab tantangan revolusi industri 4.0. pada aspek pendidikan.

Wakil Dekan FKIP Dedeh Kurniasih, S.Pd., M.Si mengatakan bahwa “Pendidikan merupakan landasan yang menjadi Pilar penting dalam proses menghasilkan sumber daya manusia yang unggul. Dalam rangka itu FKIP UM Pontianak menyiapkan para lulusan siap dan memiliki daya saing, inovatif, kreatif, dan memiliki cara pikir yang berkemajuan agar dapat menjawab tantangan  di revolusi industri 4.0 ini. Pada revolusi industri ini yang menjadi pemain utama adalah adalah sumber daya manusia yang dapat melahirkan banyak teknologi. Dari sini, hal yang perlu diperbaiki adalah pola dan cara berfikir manusianya. Memasuki era modern seperti saat ini, kemampuan berpikir komputasi (computational thinking) menjadi suatu kebutuhan bagi tiap individu, bahkan sudah selayaknya diajarkan sedari kecil. Melalui berpikir komputasi diharapkan individu dapat menjawab tantangan pada era revolusi industri 4.0.” jelasnya

Lebih lanjut dosen pendidikan kimia tersebut menjelaskan bahwa melalui berpikir komputasi, seorang akan mengalami beberapa proses pembentukan pikiran dimulai dari pola pikir, dekomposisi, abstaks, dan algoritma. Harapannya, melalui kuliah umum ini, mahasiswa di lingkungan FKIP UM Pontianak mengembangkan pola pikirannya sehingga dapat berkontribusi dalam perkembangan zaman dan teknologi.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran