Menyiapkan Slide

HACCP dekat kehidupan kita dan dibutuhkan Abrori / 07-Jan-2019 23:01:09

Fakultas Ilmu Kesehatan baru-baru ini mengadakan kuliah umum. Pada kuliah ini menghadirkan narasumber  Ibu Nurul Amaliah SKM, M.Sc. Beliau adalah ketua jurusan kesehatan lingkungan poltekkes kemenkes pontianak sekaligus praktisi HACCP. Pada kesempatan tersebut hadir antara lain Dekan, Wakil dekan dan beberapa dosen yang ada di lingkungan Fikes UM Pontianak. Pada tersebut tema yang diangkat adalah “Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP)” kuliah ini untuk mahasiswa pada Peminatan Kesehatan Lingkungan dan Gizi Kesehatan Masyarakat. Adapun Jumlah mahasiswa yang mengikuti sebanyak 70 mahasiswa. Sedangkan moderator dalam kegiatan tersebut adalah Ibu Rochmawati, SKM, M.Kes. Acara dibuka oleh Dekan Fikes UM Pontianak Dr. Linda Suwarni, M.Kes.

HACCP merupakan sebuah sistem yang mengontrol terkait kondisi makanan sesuai dengan tolak ukur yang telah ditetapkan. Pada kuliah ini diinformasikan terkait uji makanan, kemungkinan akan bahaya yang ada dalam makanan tersebut dan sebuah sistem jaminan mutu makanan. Adapun arah tujuan dari HACCP pada pengurangan risiko bahaya dari makanan. Sehingga kemungkinan HACCP bisa dikatakan gagal, dikarenakan ada risiko yang mengikutinya. Namun risiko sangat kecil, sehingga HACCP ini dipastikan sebagai sebuah sistem uji pangan yang sangat efektif.

Rochmawati, SKM, M.Kes selaku dosen pengampu mata di peminatan kesehatan lingkungan mengatakan “penggunaan HACCP sebaiknya diwajibkan bagi penjual makanan, dikarenakan secara tidak langsung akan memberikan dorongan moral kepada para penjual agar lebih berhati-hati  dalam menjual dan memproduksi akan makanan. Selain itu, HACCP di Pontianak sangat penting mengingat standar makanan yang tidak berbahaya sudah diatur dan dijamin dalam perundang-undangan pada perlindungan konsumen. HACCP dekat kehidupan kita, sangat penting dan dibutuhkan”       

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran