Menyiapkan Slide

Dosen TI UM Pontianak pelatihan Moodle untuk pembelajaran mobile Abrori / 29-Dec-2018 21:12:03

Pembelajaran era mendatang tidak hanya duduk di dalam kelas, mengerjakan tugas terstruktur dosen dan membaca diktat yang diberikan seorang dosen. Pembelajaran ke depan setidaknya sudah menyesuaikan perkembangan zaman. Mahasiswa kedepan menuntut pengalaman yang lebih menarik dan memungkinkan mereka untuk belajar dimana, kapan mereka menginginkan. Dosen kemudian memfasilitasinya dengan beraneka ragam metode pembelajaran. Pembelajaran mobile salah satu bagian kecil memberdayakan mahasiswa guna mengendalikan pembelajaran mereka dimana dan kapanpun. Moodle adalah cara yang digunakan oleh sebagian dosen untuk mencapai tujuan tersebut.

Untuk menjawab tantangan tersebut program studi teknik informatika mengadakan pelatihan moodle kepada para dosennya. Pelatihan ini diadakan di laboratorium Prodi Teknik Informatika dengan fasilitator Deni Ramadhani, S.Pd.I. adapun tujuan pelatihan ini adalah pengenalan Moodle untuk mengaktifkan pembelajaran mobile di dalam dan luar kelas; membangun aktivitas belajar mobile baru dan inovatif yang akan meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa;  dan memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan pengalaman belajar online mahasiswa

Deni Ramadhani selaku fasilitator mengatakan bahwa “pelatihan ini mengubah kelas para dosen dengan menggunakan aktivitas pembelajaran mobile. Para dosen akan dikenalkan bagaimana membuat konten mobile yang menarik dan terbantukan dengan bantuan media sosial, mahasiswa juga akan dengan mudah berkomunikasi dan berkolaborasi dengan lebih efektif.” Jelasnya

Sementara Abror dan Barry bagian dari peserta pelatihan mengatakan bahwa "pelatihan ini kita belajar dari bagaimana belajar menyiapkan moodle, termasuk sedikit mengetahui perangkat seluler dan aplikasi seluler Moodle terbaru. Pelatihan ini dikenalkan berbagai cara untuk menciptakan konten dan penilaian inovatif untuk perangkat seluler. Penilaian dan komunikasi melalui perangkat mobile akan menambah dimensi baru bagi mata kuliah" tuturnya.

Pada prinsipnya pelatihan ini akan membantu para dosen mencapai kelas yang berbeda dari yang dimiliki saat ini. Ini akan memberi keterampilan dan teknik untuk mengubah pengajaran dalam kelas.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran