Menyiapkan Slide

Mahasiswa Fikes Laksanakan Program PSN bersama Dinkes Kota Pontianak Abrori / 29-Dec-2018 21:12:44

Demam Berdarah merupakan salah satu Vektor Borne Disease masih menjadi masalah kesehatan dunia yang menyebabkan lebih dari 1 juta kematian setiap tahunnya. Penyakit tersebut seringkali bersifat endemis maupun epidemi dan sering menimbulkan kematian dalam waktu singkat.

Kota Pontianak merupakan daerah endemis dengue. Terlihat dari kecenderungan fluktuasi. Pontianak memiliki pola naik turun di setiap tahunnya sehingga perlu kewaspadaan bagi setiap warganya. Beberapa bulan belakangan ini kasus DBD mulai meningkat di Kota Pontianak, khususnya di Wilayah Perumnas II . Surveilans vektor dengan menggunakan metode survei jentik menjadi kegiatan pengendalian yang penting dalam mengendalikan penyakit DBD. Dinas Kesehatan Kota Pontianak bekerjasama dengan  Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Pada Hari Jumat tanggal 28 Desember 2018 di Wilayah Kerja Puskesmas Perumnas II.

Dr. Linda Suwarni, M.Kes selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan mengatakan bahwa “kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah yaitu Pencegahan dan pengendalian penyakit demam berdarah dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Kegiatan ini melibatkan sebanyak 30 mahasiswa. Keterlibatan mahasiswa Fikes dalam kegiatan-kegiatan PSN seperti ini bukan pertama kalinya, namun sering dilaksanakan di wilayah Kota Pontianak. Sebulan yang lalu mahasiswa Fikes juga dilibatkan dalam rangka membantu kegiatan PSN di wilayah Kerja Puskesmas Pal 3” ujarnya.

Pandu Wibowo, S.Farm Apt selaku Kepala Puskesmas Perumnas II sangat berterimakasih sekali atas bantuan mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan yang telah membantu pelaksanaan PSN di wilayah Puskesmas Perumnas II yang tergolong luas dan padat. Beliau berharap kerjasama ini dapat terus terjalin dalam rangka menurunkan dan mengendalikan DBD di wilayah Kota Pontianak.

Sementara Tri Wulandari salah satu mahasiswa yang ikut kegiatan ini menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena selaku mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah diterima di bangku perkuliahan dan menerapkannya di lapangan. Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat mempraktekkan langsung cara edukasi kepada warga untuk melakukan PSN dan Pemberian Larvasida, serta mahasiswa juga dapat mempraktekkan secara langsung perhitungan ABJ (Angka Bebas Jentik) dan CI (Container Index).

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran