Menyiapkan Slide

Pengembangan Media KIE pada Gizi Kesmas Abrori / 24-Dec-2018 19:12:50

Pengembangan media Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) merupakan media pembelajaran interaktif antara dosen dan mahasiswa. Media ini digunakan untuk mengenalkan pentingnya mengetahui media yang tepat untuk tujuan promosi. Setidaknya media sebagai jawaban atas perkembangan zaman saat ini. Adapun sasaran media pembelajaran ini adalah semua kalangan terkait materi khususnya persoalan Gizi Kesehatan Masyarakat. Tujuan pembelajaran media KIE adalah untuk menghasilkan suatu media, mengenai Gizi Kesehatan Masyarakat yang memenuhi kriteria tepat, berguna, dan menarik sehingga layak untuk digunakan.

Abrori, M.Kes Pengampu mata kuliah ini mengatakan bahwa “pengembangan media pembelajaran KIE ini menitikberatkan pada penguasaan pada pengenalan dasar desain grafis, video fotografi, videoscribe dan inkscape dengan tujuan agar mahasiswa dalam pengembangan media lebih kreatif dan melihat realitas di lapangan seperti apa kebutuhannya”

Lebih lanjut media pembelajaran itu mempermudah mahasiswa dalam mengajarkan KIE Gizi Kesehatan Masyarakat kepada semua kalangan. Media pembelajaran yang dirancang menarik dan menyenangkan itu juga dapat membantu menarik perhatian untuk belajar gizi pada umumnya.

Sementara Rizki Putri Tifani mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini mengatakan “kuliahnya asik, karena praktek tidak hanya teori saja. Mahasiswa diajari langsung mempraktekkannya apa yang diinstruksikan. Jadi ilmunya sangat bermanfaat terutama desain grafis dan video grafinya” jelasnya

Sementara Wira Mahasiswa asal Natuna yang mengikuti perkuliahan ini mengatakan bahwa “kuliah ini selain mengajarkan teori juga mengajarkan keterampilan yang bermanfaat sekali untuk pengembangan keilmuan, tidak hanya itu saja bisa juga untuk bekal keterampilan pengembangan usaha khususnya ilmu desainnya”

Mata kuliah ini memang menuntut mahasiswa kreatif. Tidak hanya itu saja, multimedia berbasis komputer ini sangat menjanjikan untuk penggunaannya dalam bidang pendidikan. Meskipun saat ini penggunaan media ini masih dianggap mahal, dalam beberapa tahun mendatang biaya itu akan semakin rendah dan dapat terjangkau sehingga dapat digunakan secara meluas berbagai jenjang mata kuliah.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran