Menyiapkan Slide

Lesson study di prodi pendidikan kimia um Pontianak Abrori / 20-Dec-2018 14:12:01

Seorang pengajar tentu tidak lepas dari berbagai macam kendala, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Kendala yang sering dihadapi seorang pengajar adalah berbagai macam karakter dan gaya belajar yang dimiliki siswa-siswi. Hal ini, tentu berpengaruh pada daya serap dan keaktifan siswa di dalam kelas. Jika pengajar tidak memahami hal tersebut dan terpaku pada materi yang diajarkan akan mengakibatkan tidak semua siswa-siswi memperoleh hasil yang optimal. Salah satu cara untuk membantu pengajar baik guru maupun dosen adalah dengan melaksanakan lesson study. Lesson study merupakan suatu proses kegiatan sistematis yang digunakan pengajar untuk mengkaji keefektifan pengajarannya dalam rangka meningkatkan hasil belajar. Adapun tahapan lesson study terdiri dari merencanakan (plan), melaksanakan (do), mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran (see).

Program Studi pendidikan kimia mencoba melaksanakan kegiatan lesson study. Kegiatan ini dilakukan pada 17-18/12/18 dengan dosen model ibu Nurdianti, Awaliyah,  S. Si,  M. Pd pada mata kuliah pengantar kimia organik dan ibu Fitriani, S. Si,  M. Si, M. Sc pada mata kuliah kimia koordinasi.

Proses kegiatan open class dihadiri oleh dosen dari prodi pendidikan um pontianak, dosen dari prodi pendidikan fisika IKIP PGRI dan dosen dari pendidikan fisika UNTAN. Berdasarkan hasil refleksi setelah kegiatan open class selesai, dosen model menyampaikan bahwa masukan yang diberikan pada saat refleksi sangat membantu mereka memahami mahasiswa yang mereka ajar. Harapan ke depan adalah nantinya para dosen dapat mengaplikasikan lesson study di kelas masing-masing sehingga dapat bersama-sama meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran