Menyiapkan Slide

Penguatan Kerjasama Perpustakaan di Lingkungan PTM/PTA Abrori / 07-Dec-2018 22:12:41

Seminar dan Rakorpimnas Forum Silaturahmi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (FSPPTMA) merupakan jejaring yang dibentuk antar Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Diadakan pada tanggal 4-5 di Uhamka Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh korwil Kalimantan Barat yang diwakili oleh Gusti Hartono, SH.,MH dari UM Pontianak dan Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak. Melalui forum ini dibangun kerjasama dan silaturahmi untuk meningkatkan kualitas Perpustakaan baik dari segi sumber daya manusia, layanan dan inovasi-inovasi perpustakaan di lingkungan PTM/PTA.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kerja sama dan membina perpustakaan agar tumbuh dan bangun bersama khususnya untuk PTM/PTA. Penguatan kerja sama ini melahirkan beberapa keuntungan antara lain jejaring antar PTM/PTA, terutama dalam mengakses literatur dalam bentuk digilib (Digital Library). Setidaknya dengan mengikuti kegiatan tersebut Untuk menjawab tantangan zaman tersebut  pada era digital seperti sekarang ini.  

Gusti Hartono, SH.,MH mengatakan bahwa “kegiatan ini memberikan angin positif terkait Sertifikasi pustakawan, karena dengan sertifikasi ini sangat penting dalam hal Akreditasi khusus perpustakaan dan ke profesional para pustakawan. Oleh karena itu kedepannya Unit Pelaksana Teknik Perpustakaan UM Pontianak akan menyiapkan para pustakawannya untuk mengikuti sertifikasi. Setidaknya UM Pontianak telah memiliki 2 pustakawan, atas nama Dwi Cahyo, S.IP (sedang sekolah S2 di UIN Jogyakarta), dan  Dewi Anggrahini, S.Hum.”

Pada kegiatan ini setidaknya UM Pontianak ikut berperan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia lewat literasi perpustakaan yang ada di Kampus. Perpustakaan adalah jantung sebuah perguruan tinggi.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran