Menyiapkan Slide

Pelantikan UKM Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Abrori / 06-Dec-2018 22:12:38

Pontianak, 5 Desember 2018-Menyikapi pentingnya kepedulian dan meningkatkan kesadaran kepada masyarakat dan pemerintah Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit UM Pontianak (UKM KSR PMI UNIT UM Pontianak). Mengadakan kegiatan pelantikan pengurus baru periode 2018-2019. Acara pelantikan bertempat di Ruang kuliah (306) UM Pontianak. Kegiatan ini merupakan momentum bertepatan dengan Hari Relawan Sedunia.

Pelantikan diawali dengan sambutan ketua panitia yakni saudara Wido Saputra, dan sambutan kedua oleh Ketua UKM KSR PMI UNIT UM Pontianak periode 2017-2018 Edi, sambutan selanjutnya oleh Kepala Urusan Kemahasiswaan UM Pontianak Bapak Afdal, SE (Selaku Pembina KSR) dilanjutkan sambutan oleh Wakil Rektor III UM Pontianak (Selaku Pengarah KSR) Bapak Dr. Mawardi, MM dan terakhir sambutan dari Sekretaris PMI Kota Pontianak Ibu. Lusi Nuryanti, S.T yang dipandu oleh MC Saudari Sinta Widyaningsih.

Dalam sambutan Wakil Rektor III menyinggung tata kelola organisasi yang terdiri atas TAP (Tujuan, Action, dan Pengorbanan), tidak hanya sekadar Organisasi Papan Nama (OPM) di lingkungan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) UM Pontianak, pengurus yang baru diharapkan tidak harus membuat banyak program kegiatan melainkan semampunya namun dapat dijalankan dengan optimal dan terlaksana dengan baik.

lusi Nuryanti, S.T  dalam sambutannya mengatakan bahwa “Kegiatan KSR tidak hanya donor darah, namun memberikan pembinaan dan pelatihan mengenai tugas relawan KSR yaitu siap tanggap darurat dalam melakukan evakuasi korban pasca bencana. PMI siap membantu dengan memobilisasi Relawan KSR UM Pontianak tentunya yang menjadi motor penggerak relawan PMI. KSR PMI Unit UM Pontianak telah memiliki 2 orang tenaga ahli di bidang Pertolongan Pertama dan telah mengikuti pelatihan serta bersertifikat Nasional. Kedua orang tersebut siap memberikan pelatihan jika dibutuhkan oleh instansi manapun” jelasnya

kegiatan selanjutnya adalah serah terima jabatan ketua KSR yang lama kepada kepengurusan KSR yang baru. Hal ini, ditandai dengan pemasangan rompi PMI secara simbolis. kemudian dilanjutkan dengan pembacaan “Surat Keputusan (SK) Rektor UM Pontianak Nomor: 145/II.3.AU/KEP/2018 Tentang Penetapan Unit Kepengurusan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia UM Pontianak Periode 2018-2019 yang dibacakan langsung oleh Bapak Afdal. Selanjutnya pembacaan Janji Setia Pengurus yang dipandu oleh Warek III UM Pontianak bapak DR. Mawardi, MM dan kemudian diakhiri dengan pembacaan do’a.

Dengan dilantiknya KSR Unit UM Pontianak diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi di bidang relawan, bagi pengurus KSR diharapkan mampu mengemban amanah dan tanggung jawab dalam organisasi, melalui organisasi KSR inilah mahasiswa mendapatkan pengalaman yang mungkin tidak didapatkan dibangku perkuliahan.

Kegiatan kemahasiswaan saat ini diatur sesuai UU Nomor 55 Tahun 2018, pasal 1 berbunyi, perguruan tinggi bertanggung jawab melakukan pembinaan ideology bangsa, NKRI, UUD dan Bhineka Tunggal Ika dalam kokurikuler, intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Dengan adanya Permenristekdikti tersebut, kini Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) diperbolehkan masuk kampus. Mahasiswa juga dapat menunjukkan kemampuan berupa Soft Skill dalam berorganisasi, sehingga dapat berpikir kritis, kreatif dan inovatif.

 

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran