Menyiapkan Slide

Dosen UM Pontianak Asesor BAP PAUD dan PNF Abrori / 20-Nov-2018 21:11:43

Penjaminan mutu layanan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (PAUD dan PNF) menuai kemajuan yaitu dengan kehadiran Badan Akreditasi Nasional PAUD dan PNF. Lembaga ini berdasarkan dari beberapa sumber berdiri sejak tahun 2016. Saat ini Badan Akreditasi Provinsi (BAP) PAUD dan PNF telah didirikan di 34 provinsi Indonesia. Hal ini, sesuai dengan pemenuhan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang mencantumkan akreditasi dilakukan Pemerintah sebagai pertanggungjawaban atas mutu pendidikan di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahap ke 3 setelah melakukan penilaian. Penilaian  PKPA yang dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi, dilanjutkan tahap  ke 2 visitasi lapangan dan dilanjutkan dengan validasi

Diana, M.Pd salah seorang dosen UM Pontianak mengatakan bahwa “akreditasi merupakan penilaian kelayakan program dalam satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan merupakan bagian dari upaya penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan oleh Pemerintah. Pada pelaksanaannya, BAN PAUD dan PNF dibantu oleh Badan Akreditasi Provinsi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAP PAUD dan PNF)” tuturnya

Lebih lanjut Ka Prodi PAUD menjelaskan bahwa validasi dan verifikasi akreditasi BAN PAUD dan PNF provinsi kalimantan barat dilakukan dalam beberapa tahap. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan  di hotel Ibis Pontianak. Adapun dari perwakilan seluruh Kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Barat; mereka berasal dari kota pontianak, Kab. Sambas; Kubu Raya; Kapuas Hulu; Ketapang; Singkawang; Sintang dan Mempawah.

Kegiatan validasi didampingi oleh pemateri dari pusat. Beliau menyampaikan amanah Mendikbud bahwa PAUD sebagai landasan dari pendidikan. “Pendidikan PAUD merupakan landasan dari pendidikan, sehingga sebagai landasan itu sangat penting karena menentukan keberlanjutan pendidikan selanjutnya. Sehingga, sebagai pemangku kepentingan itu (keberadaan) pendidikan anak usia dini adalah benar-benar penting. Semoga rakor ini bisa menghasilkan pembahasan bagi program dan strategi layanan akreditasi yang berkualitas,” jelasnya.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran