Menyiapkan Slide

UM Pontianak berbagi pengalaman mengelola hibah Tracer Study di Bali Abrori / 20-Nov-2018 20:11:40

Pelaksanaan Tracer Study (TS) merupakan karakteristik penting dari suatu institusi pendidikan tinggi yang ingin maju di seluruh dunia. TS adalah survey yang terstandarisasi terhadap lulusan suatu institusi pendidikan tinggi. Kegiatan tersebut dilakukan setelah meluluskan mahasiswanya. TujuanTS yaitu; mengetahuioutcomependidikan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi kita; mengetahui kontribusi perguruan tinggi kita terhadap kompetensi yang ada di dunia kerja; untuk monitoring adaptasi terhadap lulusan perguruan tinggi ketika memasuki dunia kerja. ManfaatTracer Study; dapat mengetahui penyebaran lulusan perguruan tinggi kita (informasi alumni); Sebagai bahan evaluasi perguruan tinggi terhadap lulusan yang dihasilkan apakah telah memenuhi standar kompetensi yang sesuai pada dunia kerja; Sebagai informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran dan Sebagai salah satu nilai tambah dalam proses akreditasi perguruan tinggi.

UM Pontianak mulai fokus akan TS Pada tahun 2011. Selanjutnya dikembangkan sesuai arahan kemenristekdikti dengan menyesuaikan perkembangan teknologi dan zamannya. Tahun 2015, jumlah penerima hibah TS mulai dikembangkan antara 23-34 PT per tahun, namun pada tahun 2016 ditingkatkan menjadi hampir 300 PT.

Pada tahun 2018 UM Pontianak kembali menerima Hibah TS yang diberikan oleh oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) yang sebelumnya pernah didapatkan 3 tahun berturut-turut oleh Unit Pusat Pengembangan Karir Mahasiswa dan Alumni (PPKMA) UM Pontianak.

Dengan animo yang begitu banyak pemerintah mengadakan seminar Hasil Program Bantuan Pengembangan Bantuan Layanan Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan (Tracer Study)  di Bali. UM Pontianak salah satu PT yang diundang untuk berbagi dengan beberapa perguruan tinggi terkait pengalaman mengelola hibah terkait TS dihadapan beberapa perguruan tinggi se Indonesia. UM Pontianak diWakili Oleh Bapak Ismail Saleh, SKM, M.Sc.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran