Menyiapkan Slide

Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat UM Pontianak Abrori / 11-Nov-2018 22:11:47

UM Pontianak berhasil mengadakan kegiatan seminar hasil pengabdian masyarakat para dosen dari berbagai prodi. Berbicara mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi, dapat diartikan sebagai tiga janji yang mencakup Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan ini merupakan hibah untuk dosen yang ada di lingkungan UM Pontianak. pada seminar kali ini mengangkat tema “Pengabdian kepada masyarakat yang unggul untuk meningkatkan daya saing bangsa”. Acara selanjutnya paparan hasil pengabdian masyakat. Kegiatan ini dengan tujuan untuk meraih hibah yang lebih besar baik dari pemerintah maupun pihak swasta. Acara dihadiri para dosen yang menerima hibah pengabdian masyarakat, juga para revier yang ahli pada pengalamanya.  

Acara dibuka oleh ketua LPPM bapak Edy Suryadi, SE.,MM. Dalam sambutannya dia mengatakan “seminar Nasional ini merupakan hasil dari pengabdian pada masyarakat para dosen sesuai dengan kajian ilmunya masing-masing. Harapannya para dosen lebih profesional menuju ke pakarannya dan tentu sebagai awalan untuk mendapatkan hibah yang lebih bergensi”.

Adapun Hasil pengabdian masyarakat yang dipaparkan para dosen antara lain: Dedi Hariyanto dengan judul pengabdian masyarakat “pemberdayaan PKK desa durian melalui pemanfaatan waktu luang dan lahan kosong menuju kesejahteraan keluarga”; Hanum Mukti Rahayu dengan judul pengabdian masyarakat “inovasi creativepreneur Himadibiomelalui Choconas Camilan kas Kalimantan Barat”; Anandita Eka Setiadi dengan judul pengabdian masyarakat “media berbasis spesimen untuk mendukukng pembelajaran biologi berorientasi pada proses sain”; Ari Sunandar dengan judul pengabdian masyarakat “Pelatihan Budi daya Jamur dan pembuatan media tumbuh jamur Tiram untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa FKIP UM Pontianak”;  Nuri Dewi Muldayanti dengan judul pengabdian masyarakat “pelatihan pembuatan proposal dan coaching clinic penelitian tindakan kelas guru IPA Biologi se Kabupaten Kubu Raya”; Gunarto dengan judul pengabdian masyarakat “pelatihan menggunakan sofware mathead bagi mahasiswa program studi teknik mesin UM Pontianak”; Tutu Kurniati dengan judul pengabdian masyarakat “pengelolaan pojok baca sebagai upaya baca membangun karakter anak di RT 006/18 Kelurahan sungai bangkong pontianak kota”; Abrori dengan judul pengabdian masyarakat “VCT pada pekerja seks tidak langsung di kota pontianak”

Dari Hasil paparan pengabdian masyarakat selama diskusi berlangsung adalah masukan untuk kebijakan dan solusi bagaimana Program Pengabdian kepada Masyarakat dapat berjalan di Perguruan Tinggi. Program pengabdian kepada masyarakat sangat berbeda dari Program Penelitian, hal ini terlihat jelas karena Program Pengabdian kepada Masyarakat berhubungan langsung dengan masyarakat dan sifatnya berkelanjutan.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran